Posted by ISWARDENI from Prasetia sent by ling:
INDAHNYA SEBUAH KEPERCAYAAN
Sebuah kapal barang berlayar di Samudra Atlantik. Di buritan kapal ada seorang
anak negro kecil, dia adalah seorang pekerja suruhan. Anak ini karena kurang
hati-hati menyebabkannya tercebur ke laut dengan ombak yang besar. Anak ini
berteriak minta tolong, apa daya ombaknya sangat besar dan angin sangat
kencang, Awak kapal tidak ada yang mendengarnya. Dengan bola matanya yang besar
iapun memandang seolah tanpa harapan kepada kapal yang makin menjauh darinya.
Naluri bertahan hidup membuatnya berenang sekuat tenaga entah kemana juga di
dalam air yang sangat dingin. Dia mengerahkan segenap tenaganya berenang dan
berenang dengan lengan kurusnya, dan berusaha keras agar kepalanya tetap berada
di atas permukaan air... bagaaimanapun ia ingin hidup.
Bayangan kapal di depan matanya sudah lama hilang seiring itupula mulai hilang
hartapannya untuk berjuang ...Matanya kini hanya memandang lautan lepas yang
seolah tak bertepi. Tenaganya untuk membawanya kepada pantai harapan hidup
sudah mulai surut dan beberapa  kali mulai tenggelam.... Lepaskanlah, hatinya
berbisik. Lepaskan....tekadmu kuat tapi tenagamu habis. Namun hatinya berbisik
kalau hatimu kuat maka kau akan kuat.
Saat itulah, di dalam benaknya terbayang akan wajah yang begitu welas asih dan
pandangan mata yang ramah dari sang kapten kapal itu kepadanya saat ia memasuki
kapal. Tidak! Kata hatinya, kapten kapal pasti tahu saya tidak ada didalam
kapal. Ia pasti tahu saya tercebur ke laut. Ia pasti akan kembali untuk
menolong saya! Berpikir akan kebaikan sang kapten, anak ini berusaha dengan
seluruh keberanian dan kekuatannya mengerahkan segenap tenaganya yang tersisa
untuk berenang lagi.
Nun jauh disana, sang kapten tiba-tiba menyadari bahwa anak negro itu telah
hilang. Dan dipastikan ia memang tidak ada didalam kapal. Tercebur ke laut
itulah dugaannya...,Diapun dengan spontan memerintahkan awak berlayar kembali
untuk mencarinya. Saat itulah ada awak kapal yang menasehatinya,
Sudahlah ...sekian lama berlalu. Kalaupun dia tidak mati tenggelam, pasti sudah
dimakan oleh ikan hiu…” Kapten kapal agak ragu – ragu . Yang lain masih yang
berkata, “Pantaskah tindakan ini hanya demi seorang anak negro?” Sang kapten
sembari dalam keraguannya menghardik, “Tutup mulut!”, namun akhirnya ia tetap
memutuskan untuk kembali mencari anak itu.
Di saat – saat terakhir ketika anak kecil itu hampir tenggelam, sang kapten
tiba tepat pada waktunya dan anak itupun tertolong. Ketika anak negro tersebut
tersadar, dan saat dia bersujud untuk berterima kasih kepada sang kapten kapal
atas budi baiknya menyelamatkan nyawanya, kapten itu memapah sang anak negro
dan bertanya, “Bocah kecil, bagaimana kamu bisa bertahan begitu lama?”
Anak itu menjawab, “Saya percaya anda pasti akan kembali untuk menolong saya,
saya percaya anda pasti akan datang!” “Bagaimana kamu tahu saya pasti akan
datang untuk menolongmu?”, tanya kapten kapal lagi. “Karena saya percaya anda
adalah orang yang demikian!”, jawab si anak. Mendengar jawaban tersebut, kapten
ini menjatuhkan diri di atas kedua lututnya,bersujud di hadapan anak negro itu,
air matanya berderai memenuhi wajahnya, “Bocah kecil, bukan saya yang
menyelamatkanmu, sebaliknya, kamulah yang telah menolong saya! Saya sangat malu
atas keragu – raguanku saat itu…”
Sahabat... Apakah saat sesama kita ada dalam keputuasaan hidup, mereka masih
percaya bahwa kita adalah orang yang tepat bisa menolongnya...? Mungkinkah aku
diingat dan dipercaya bahwa aku mampu sebagai penopang.. ? Rasa percaya (
kepercayaan) akan kebaikanku/mu mampu menolong siapapun yang ingat akan kita..?
Bukankah itu suatu kebahagiaan? Indahnya sebuah kepercayaan.
Repost from Simpei Hugo Lada
Kiriman ling Iswardeni: Thks yach