Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai selera tinggi, percaya diri, dan
bangga akan dirinya sendiri, yang selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam
8 pagi, dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun dia buta, masuk ke panti
jompo hari ini.

Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi, Dia tersenyum manis
ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap. Ketika dia berjalan mengikuti
penunjuk jalan ke elevator, aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil,
termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.

“ Saya menyukainya” , katanya dengan antusias seperti seorang anak kecil
berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.

“ Pak, Anda belum melihat kamarnya, tahan dulu perkataan tersebut” .

“ Hal itu tidak ada hubungannya” , dia menjawab.

“ Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal. ...

Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana
perabotannya diatur tapi bagaimana aku mengatur pikiranku.  Aku sudah
memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat setiap pagi ketika aku
bangun tidur.

Aku punya sebuah pilihan; aku bisa menghabiskan waktu di tempat tidur
menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi padaku karena ada bagian tubuhnya
yang tidak bisa berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur dan berterima
kasih atas bagian-bagian yang masih berfungsi.

Setiap hari adalah hadiah, dan selama mataku terbuka, aku akan memusatkan
perhatian pada hari yang baru dan semua kenangan indah dan bahagia yang pernah
kualami dan kusimpan. Hanya untuk kali ini dalam hidupku.
Kiriman Herlu Pihan/ Prasetia (Prajnavira)
Iswardeni: Thks yach