Ketika kita yang pergi

"Jika ingin tahu apa tujuan hidup, bayangkanlah bahwa anda akan mati dalam tiga
bulan lagi. Apa yang akan anda lakukan dalam waktu tiga bulan itu?"

Choy! Touch wood!

Itu dulu. Saya takut jika harus membahas apalagi memikirkannya. Maka saya
menangkalnya dengan mengetuk kayu. Konon katanya itu bisa sebagai penangkal
berita buruk yang didengar agar tidak jadi kenyataan bagi kita. Mungkin juga
itu manjur, buktinya saya masih hidup sampai saat ini. :p

Sampai akhirnya saya tertantang untuk memikirkannya. Perenungan itu memberikan
sebuah ketakjuban. Peta hidup saya mulai tergambar. Apa yang harus ditinggalkan
dan apa yang harus dituju dan diwujudkan, tampak semakin jelas. Menuliskan
hal-hal yang bisa dilakukan dalam tiga bulan itu, ternyata bukan hal yang
konyol juga.

Dengan berpikir logis terhadap sisa waktu dan juga mengukur kemampuan yang
dimiliki serta tanpa mengurangi optimisme, ternyata bisa menggambarkan apa yang
ternyata tidak bermanfaat bagi kita sehingga harus segera kita ubah. Dan juga
terlihat apa yang kita harapkan sehingga bisa kita capai.

Lalu dengan serius kita mulai bekerja meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama
yang tidak mendukung kualitas hidup kita. Sehingga mulailah terjadi
perubahan-perubahan yang lebih baik.

Dan ketika kita mendapat berita terbaiknya, yaitu bahwa waktu kita lebih lama
lagi, maka artinya kita punya sumber daya terbaik untuk melipatgandakan
pencapaian-pencapaian yang baik. Sumber daya terbaik itu adalah waktu.

Menuliskan ini semua menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Karena
hanya dengan dipikirkan gambaran ini mudah sekali untuk menguap dan hilang
tanpa jejak dan tak sempat dipetik maknanya.

Untuk jangka waktu yang lebih panjang lagi. Jika kita yang pergi kelak. Kesan
apa yang hendak kita tinggalkan pada pikiran orang lain tentang kita? Apakah
saat ini kita sudah menjadi orang yang akan menginggalkan kesan baik itu?
Mulailah bekerja sungguh-sungguh untuk menjadi berkesan.

Salam,
Kristin Liu
Iswardeni: Thks yach. Sangat mencerahkan