Kristin Liu
I'm sorry3-|  Please forgive me;;) I love you<3 Thank you({}): Sumber kekacauan
psikis

Terinspirasi dari seminar "Pintar & Bijak Menghadapi Kanker", kembali saya
menyibak-nyibak buku The MoMM dan menemukan sekelumit informasi yang bisa saya
bagikan kepada teman-teman. Oya... satu kabar gembira saya dapat dari EO bahwa
jika dukungan dari masyarakat sangat baik dan antusiasme terhadap event ini
juga tinggi, maka EO akan menyelenggarakan roadshow ke beberapa kota besar
lainnya di Indonesia. Ayo... Kita bersama-sama dukung event ini, agar edukasi
ini diterima merata oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kembali kepada sejumput harta karun yang saya temukan di buku The MoMM, yaitu
tentang sumber-sumber yang menyebabkan kekacauan psikis manusia, yang dimana
kekacauan di sistem psikis ini mempengaruhi kondisi fisik seseorang sampai
dengan menciptakan penyakit di tubuh manusia. The American College of Family
Physician yang memperkirakan bahwa 90% penyakit itu disebabkan faktor
psikogenik, bukan organogenik.

Psikogenik artinya penyakit yang disebabkan oleh faktor psikologis. Contohnya,
sifat dan kebiasaan marah-marah membuat jantung menjadi agresif dan tekanan
darah menjadi tinggi. Sedangkan organogenik artinya gangguan pada fisik yang
sepenuhnya karena masalah biogenik atau fisik . Contohnya, cacat jantung bawaan
dari lahir.

Menurut Charless Tebbetts, yang seorang pakar hipnoterapi terkemuka, bahwa
kebanyakan penyakit adalah bersifat psikosomatis, ini dipilih atau dimunculkan
pada level pikiran bawah sadar, sebagai upaya untuk lari dari satu situasi yang
dianggap sebagai tekanan mental yang berlebihan.

Hal senada disampaikan oleh DR. Adi W. Gunawan bahwa emosi intens yang tidak
bisa keluar dari sistem psikis akan menjadi penyebab utama yang membuat sakit
fisik pada seseorang.

Nah... teman-teman, beberapa hari ini saya akan membahas apa saja sumber-sumber
kekacauan pada sistem psikis manusia. Ini saatnya menjadi manusia cerdas yang
memahami tentang diri sendiri, tentang pikiran, tentang tubuh sendiri.

Salam,
Kristin Liu
Iswardeni: Thks