Hello Suwarna and all MDaemon-L ListMember,

On  Tue,  21  Nov 2000 at 15:02:16 GMT +0700 (which was 21/11/2000 15:02
where you think I live) you told to the list:

S> Yang saya tangkap nih :
S> 1.  Untuk  menghemat  memory  dan utilisasi processor maka foreground
S> scanning dinonaktifkan.

Bukan disitu sebenarnya problemnya, problemnya di masalah "Time Slice".
Begini, saat MailScan melakukan scanning terhadap attachment yg ada, dia
mengirimkan  signal  ke  MDaemon  untuk  sementara "hold" proses. Selama
proses  itu,  MDaemon  akan  hold  melakukan "processing" terhadap semua
message di LocalQueue maupun RemoteQueue.

Kadang  terjadi, attachmentnya begitu besar, sehingga MailScan mengambil
waktu  lebih  lama  dari  "waktu  hold"  yg bisa diijinkan oleh Mdaemon,
akibatnya terjadi "perebutan" penggunaan CPU.
(Anda  bisa  bandingkan  sendiri  jika kebetulan Desktop Anda terinstall
Anti  Virus,  lalu open file yg besar, maka system memang akan tersendat
sebentar,  makin  terbatas  Resources  PC Anda akan makin lama, sehingga
seolah hang).

Saya  sudah  minta  ke Developer Mailscan agar dapat memanfaatkan fungsi
Content Filter di MDaemon khususnya di masalah Anti Virus detection, shg
prosesnya bisa sbb :
1. MDaemon deteksi adanya attachment atau HTML format message.
2. Jika terdeteksi, maka msg akan diletakkan di direktori tertentu.
3. MailScan akan deteksi, hasilnya akan dikembalikan ke Mdaemon.

Dg  cara  ini,  maka  MDaemon  tidak  perlu  di  "hold" dulu untuk virus
detection, lebih hemat resources.

Pada  prinsipnya  Developer  setuju  dg cara ini, tinggal lihat nanti di
next  version  (kemungkinan  akan  muncul  2  versi  : versi 2.x yg cara
bekerjanya  mirip  spt  sekarang,  akan  tetapi ada perbaikan dalam cara
kerjanya,  dan  3.x yg sudah dikombinasikan dg E-scan yg juga mendeteksi
virus  jika  user  mendownload  file  atau  browsing....belum diputuskan
sepenuhnya sih, maka saya sebut sbg "kemungkinan").

Mailscan  versi  3.x  beta  build124  sudah  sangat baik performancenya,
tinggal  sedikit  lagi....saat  ini  sedang  testing  compatibility  dg
berbagai Internet Application melihat kemungkinan "conflict".

S> 2.  Kondisi di atas harus dibarengi dengan adanya third party anti virus
S> seperti Norton / Mcafee.

Benar.

S> 3.  Mailscan tetap berfungsi menscan virus di email.

Tidak lagi, dia hanya berfungsi sbg content filter, compression dll.

S> 4.  Third party anti virus berfungsi menscan virus di system kita.

Betul.
Hati-2x soal yg satu ini, sebaiknya menggunakan DOS version-nya saja utk
Mail Archive scanning.

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Selasa 21 Nopember 2000, 15:20:03 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 3.5.1 Beta D di NT4 SP6a