Dear rekan2,

Terpaksa saya forward kembali dengan account lain karena saya baru
sadar/check hari ini jikalau posting saya tersebut tidak pernah
diposting karena server milis tidak allow non-existing domain. Iya,
saya memang pasang hMailServer di notebook saya sebagai personal SMTP
Server, namun tidak punya real domain name. "Saru" klo saya pakai
subdomain smtp.hianoto.net padahal pointing ke IP Public-nya kantor..

Konyolnya hMailServer koq tidak notify balik klo sending-nya gagal;
bahkan di Undelivered Message status pun tidak ada; sehingga saya
pikir sudah terkirim, padahal dari log hMailServer terlihat error dari
203.130.233.4 bahwa "Domain doesn't exist!". Tapi ya sudah,
kesampingkan problem hMailServer, khan ini milis MDaemon :-)

-- 
Salam,
Hian
http://hianoto.net - Clipper, Delphi, MDaemon, Windows
http://weblogs.hianoto.net - Blog Makan2, Jalan2, IT, Keuangan, Dunia Kerja

----- This is a forwarded message -----
From: Hianoto Santoso <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Saturday, July 15, 2006, 9:01 AM
To: Syafril Hermansyah <[email protected]>
CC: 
Subject: [mdaemon-l] Pasang Mdaemon di 3 Sites

> Dear Pak Syafril,

> ----- Original Message -----
> From: Syafril Hermansyah [EMAIL PROTECTED]

>> Kalau tdk salah ingat Bung Hianoto pernah membuat utility ini utk 
>> kantornya, entah boleh di share dg yg lain atau tidak :-)

> Ya saya!! :-)

> Hmmm, sebenarnya ada beberapa utility yang terpaksa di-develop sendiri
> mengingat implementasi MDaemon yang rada specific, misalnya:

> User Account Configuration:
> * FileMon yang memonitor file2 tertentu yang dirubah (misalnya
> userlist.dat, multipop.dat, dll) dan secara otomatis mengirimkan file
> yang berubah tersebut ke suatu alamat e-mail
> * Userlist.dat di Primary vs Satellite, sehingga kita bisa tahu
> account mana yang hanya exist either di Primary atau Satellite
> * Userlist.dat Primary vs Multipop.dat Satellite, dimana kita bisa
> tahu password mismatch antara Primary vs Satellite (juga informasi di
> point #2, tapi ditinjau dari Multipop.dat)
> * Alias Manager, yang bertugas menyusun alias di suatu site untuk
> account2 yang hanya exist di site lain untuk domain yang sama

> System:
> * KeepFile yang memastikan <x> file terbaru yang ada di suatu folder;
> sangat berguna untuk memastikan kita tidak kehabisan HDD untuk log
> dengan hanya keep sekian file zipped-log terbaru dan menghapus yang
> lama. Yang versi terbaru, punya opsi untuk memindahkan ke lokasi lain
> * TimerFileOp yang akan melakukan operasi file (move, copy, etc)
> dalam interval tertentu, agar server tidak kewalahan handle volume
> operasi file yang berjumlah sangat banyak (misalnya Queue atau User
> Mailbox)
> * HDD Monitor yang akan kirim warning (messenger, run, dll) bila
> freespace HDD tertentu dibawah threshold. Ini terpaksa dibuat karena
> MDaemon punya bug HDD checking yang akhirnya membuat kita punya
> masalah besar saat HDD habis <g>

> Monitoring and Performance:
> * Monitor service MDaemon berjalan atau tidak. Sedang dipikirkan untuk
> melakukan NET STOP+START bila diketahui ada problem service ataupun
> tidak; juga kemungkinan untuk restart PC bila setelah NET STOP+START
> service masih tidak responding. Mengingat port 135-137 kita block,
> rasanya sulit untuk melakukan NET STOP+START secara remote; sedang
> saya pikirkan untuk membuat Service Daemon yang memonitor mail account
> System dengan keyword tertentu dan melakukan action based on keyword
> tersebut (tentu saja dengan password authorization terlebih dahulu)
> * Mengukur performance (baik SMTP maupun MultiPOP) dengan mengirimkan
> e-mail dan retrieve e-mail pada interval tertentu. Bila terjadi
> warning (delay lebih dari <n> minutes), akan generate warning dan
> report tertentu.

> Sayangnya saat ini kebanyakan utility tersebut masih belum bisa
> di-share ke rekan2 mengingat:
> * Kebutuhan yang specific (hanya berguna bila rekan2 menggunakan
> sistem implementasi MDaemon yang mirip pula, khususnya User Account
> Configuration dan Performance Measurement)
> * Prinsip Copyrights: Aplikasi yang dibuat dengan fasilitas kantor
> dalam waktu kantor adalah property kantor. Sebenarnya ada pemikiran
> untuk menulis ulang untuk kebutuhan umum di jam luar kantor sehingga
> bisa saya distribusikan; namun karena kesibukan pribadi, saat ini
> masih belum bisa mengalokasikan waktu dengan baik (saat ini di rumah
> saya sedang sibuk belajar Perl dan Perencanaan Keuangan, serta ngebut
> nonton anime Hikaru's Go, Voltes V, toku Kamen Rider Black, film
> Cooking Master Boy; jauh beda banget khan, hihihi)

> Segera setelah bisa alokasi waktu, saya akan distribusikan ke rekan2
> yang berminat melalui FTP DutaInt atau situs pribadi saya. Mohon maaf
> bila masih belum bisa membuat versi publik dari utility2 diatas.

> --
> Salam,
> Hian
> http://hianoto.net - Clipper, Delphi, MDaemon, Windows
> http://weblogs.hianoto.net - Blog Makan2, Jalan2, IT, Keuangan, Dunia Kerja


-- 
--[MDaemon-L]------------------------------------------------
Milis ini untuk Diskusi antar pengguna MDaemon Mail Server.
Mohon tidak posting dalam format HTML!

Arsip          : <http://mdaemon-l.dutaint.com>
Henti Langgan  : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Berlangganan   : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Versi Terakhir : MD 9.0.5, LD 2.1.0, WA 3.2.3, MDAV 2.2.9, MDOC 2.1.1

Kirim email ke