On Thursday 27 July 2006 14:38, Mardi S sihaloho wrote:
> Selamat sore semua. Bagaimana ya caranya untuk mengatasi spam?.

Yg paling mudah kalau mail masuk keserver kita melalui smtp service
sehingga spam mail (juga virus) direject di level smtp (blm masuk
ke queue).

> Saya sudah melakukan 'learn' pada mdaemon sesering mungkin,
> tetapi tetap saja banyak yang terkategorikan spam. Bahkan email
> dari beberapa member milist ini dikategorikan spam.

Penyebab di tag spam kenapa ?
Jangan-2x yg Anda laporkan ke spamassasin hanya mail spam nya saja,
lupa melaporkan mail ham  (non-spam) ?
Spamassassin perlu dikasih contoh utk keduanya, khususnya mail-2x yg
berasal dari news group (kita hanya terima saja tdk
posting/meresponse).

> Sebagai  informasi saya menggunakan mdaemon ver. 7.x dengan system
> spooling.

Minta ke mail hoster utk bantu menangkal spam krn mail yg dispool
itu suka tdk suka akan didownload dulu oleh MDaemon Anda baru
diverifikasi apakah spam/non-spam (rugi di bandwidth), atau ganti
koneksi shg mail utk domain Anda masuk melalui smtp, misalkan
ATRN/ODMR service yg memang dirancang utk dynamic IP.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 9.0.6 Beta RC1 under W2K3

Versi Terakhir : MD 9.0.5, LD 2.1.0, WA 3.2.3, MDAV 2.2.9, MDOC 2.1.1

Kirim email ke