Pagi Pak Syafril,

User dan atasan saya complaint : Mengapa kirim email dari Outlook Express tidak
terkirim tanpa informasi yang jelas?
a. Pengiriman berhasil dan mail masuk ke dalam Sent Items.
b. Tidak ada informasi SMTP gagal terima atau gagal kirim.
c. Tapi dalam waktu 18 jam sejak dikirim tidak sampe padahal informasinya
sangat penting.
d. Saya cek di MDaemon Log SMTP (Out) per tanggal dan waktu terkait :
    - Tidak ditemukan inrformasi session pengiriman sebagaimana ada di dalam
Sent Item tersebut.
    - Sehingga tidak jelas apakah Successfull atau Failure/Terminated.
e. Saya cek session SMTP (Out) dari user lainnya pada sekitar tanggal dan waktu
yang sama :
    user lain OK.  Berarti SMTP service tidak hang.
e. Saya cek file Sent Items.DBX pada client dimaksud, tidak lebih dari 2 GB dan
hanya 500MB.

Pertanyaannya Pak, apa saja kira-kira penyebab masalah seperti di atas?
Sehingga saya bisa trouble-shooting dan bisa memberikan reason yang jelas
kepada user yang complaint.

Terima kasih Pak Syafril.

Versi Terakhir : MD 9.6.4, MDSP 3.0.6, MOC 2.1.6

[ attachment or non Plain-Text portion has been remove by MDaemon ]

Kirim email ke