Selamat siang Pak Syafril,

Pak jika saya boleh tanya tentang mail server secara umum, saya pernah melihat
seorang system administrator yang ingin memindahkan MX Record dari ISP ke
office, meminta ke ISP untuk mengecilkan TTL Value dari MX Record dan A Record
suatu domain dari 14400 menjadi 300 untuk tujuan mempersingkat masa propagasi.
Saya ingin tanya:

1. Apa benar ada hubungan antara TTL Value dari MX Record dan A Record dengan
masa propagasi?
2. Bagaimana cara memeriksa besar TTL Value atas suatu domain?
3. Apakah pesan error mail seperti dibawah ini menandakan domain yang dituju
masih dalam masa propagasi?

"Sorry, I wasn't able to establish an SMTP connection. (#4.4.1) I'm not going
to try again; this message has been in the queue too long"

Terima kasih banyak pak Syafril,
A l i m

Versi terakhir MD 10.1.2, SP 4.0.2, OC 2.2.3, SG 2.0.2, PP 1.1

[ attachment or non Plain-Text portion has been remove by MDaemon ]

Kirim email ke