coki harmada wrote on 11/19/2010 09:26 AM +07:00:
> Pak, Syafril..awalnya setingan kami memang seperti itu, tapi pada
> saat kami pindah IP Public ke Telkom,kami sering tidak bisa mengirim
> email keluar,

Itu dampak server Anda belum didaftar sebagai authroized sending mail.

> sehingga kami tanya ke pihak telkom dan dari telkom
> menyuruh kami agar menggunakan smtp.telkom.net:587 agar email bisa
> dikirim keluar domain (itu atas arahan telkom, harus menggunakan SMTP
> mereka)setingan ini hanya pada HO,

Khusus konfigurasi domain distribution tidak boleh seperti itu, karena
mail yang ditujukan ke remote server menjadi tidak terkirim kesana
melainkan ke smarthost dan membuat loop.

Masih boleh kalau pakai fallback relay asalkan domain Anda tidak punya
MX backup atau mx backupnya = pair server (server cabang).

[x] Send all email directly first, and then to 'Server' if there are
problems

setting ini mestinya akan jalan normal.

> sedangkan pada kantor cabang
> deliverynya saya seting ke [x] "Send all outbound email to the
> 'Server' specified below" (saya masukkan IP VPN dari server HO
> [192.168.3.11]) apakah ada yg salah dari setingan tersebut?dan pada
> server mana saja yg harus saya ubah?

Cukup server HO, kalau cabang tidak apa-2x seperti itu karena
smarthostnya = pairing server (server HO).

> yang ini saya belum mengerti pak,bukankah kami sudah mendaftarkannya
> ke ISP (PAKTEL) untuk membuat NSrecord rea.co.id, apakah berbeda
> maksudnya dengan PTR record (atau tidak otomatis dibuatkan?)

Beda.
Dengan mendaftar mail.rea.co.id sebagai MX record artinya MDaemon Anda
didaftar sebagai mailserver yang authorized for receiving mail for
domain rea.co.id, sementara untuk mendaftar sebagai server yang
authorized for sending mail perlu PTR record dan FQDN host yang
terdaftar sebagai A record.

Yang bisa membuatkan PTR record hanya ISP pemilik public IP Anda, bukan
DNS hoster.
Jadi mintakan hal itu ke telkom karena IP 222.124.217.94 milik telkom.

> maksudnya gimana pak pairing server? pada kantor cabang juga handle
> domain rea.co.id (sdh diaktifkan domain sharing dan mingernya)

Bukankah server cabang punya public IP juga?
Minta ke ISP untuk buatkan A record dan MX record

estate.rea.co.id        A       202.87.244.13
rea.co.id       MX      20      estate.rea.co.id

dan hapus record
rea.co.id mail MX 20 mail.paktel.net.id

Kalau server estate.rea.co.id memang tidak ingin diperbolehkan kirim
mail langsung ke internet, setting lainnya biarkan tetap, akan tetapi
jika diperbolehkan kirim mail ke internet secara direct maka minta ke
ISP (paktel.net.id) untuk membuatkan PTR record untuk IP 202.87.244.13
dengan nama estate.rea.co.id.

Sebenarnya punya hanya 1 MX juga tidak usah kuatir kalau server Anda
tidak run behind firewall atau tidak run antivirus/antispam
berlapis-lapis karena regulasi internet mail mengharuskan sender untuk
retry to send jika server Anda unrechable misalkan akibat koneksi
internet putus sementara (outage) atau sedang down karena maintenance.
Dengan demikian kalau hanya punya 1 MX semua mailserver senderlah yang
bertindak sebagai MX backup domain Anda.
Jadi mx host pakai 1 saja mail.rea.co.id juga aman (safe) saja.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.0 Beta GM2

Versi terakhir MD 11.0.3, SP 4.1.2, OC 2.2.5, SG 2.0.4, PP 2.0.0

Kirim email ke