On 04/16/2013 11:08 AM, Ahmad Ardiansyah wrote:
> sekarang di MX record kompas.tv ada 2, yaitu :
> 10 mail.kompas.tv ---> mengunakan server MDaemon
> 20 borneo.kompas.tv ---> mengunakan server Zimbra
>
> Jadi untuk email lain (borneo.kompas.tv) tidak perlu buat MX baru tetapi
> tetap dengan MX yang sama dengan kompas.tv --> 20 borneo.kompas.tv akan
> saya delete, tetapi server borneo.kompas.tv tetap mengunakan Zimbra

Mau pakai mail server apapun, kalau ingin digunakan sebagai MX backup
maka yang penting server itu bisa terima mail dari Internet yang
ditujukan ke domainnya primary MX.
Cara konfigurasinya tergantung dari mail server yang digunakan.
Untuk MDaemon saya sudah sampaikan caranya, kalau Anda pakai Zimbra ya
gunakan cara zimbra.

> apakah bisa MDaemon buat sub domain dengan forwarding.
> Dan dimana MDaemon punya sub domain selain kompas.tv yang dimanage internal
> sehingga kalau dicek emailnya ternyata ke sub domain tersebut, maka akan di
> forward secara otomatis?

Tentu saja bisa, dalam hal ini gunakan gateway domain seperti yang saya
sampaikan di mail sebelum ini.

Untuk apa sih dibuat sub domain? Apakah zimbra memerlukan adanya sub
domain di sisi primary MX?

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.5 Beta D SecurityPlus 4.1.5