Dear Pak Syafril,

Pak, Comagent di Kantor saya masih sering terputus secara berbarengan semua,
terutama yang beda segmen (VLAN) dengan MDaemon. MDaemon kita pakai 2 LAN
CARD ( 1 CBN dan 1 lagi ISP lain yg dipakai juga utk Lokal). IP Mdaemon yang
Lokal ini Default Gateway dan DNS-nya tidak kita setting karena kalau
disetting nanti jalur internetnya bentrok dengan yg CBN. Untuk saat ini User
dengan VLAN lain (beda Segmen) bisa ping, send and receive email, Comagent,
dsb alias NORMAL saja karena di NAT sudah kita setting bisa ngobrol dengan
MDAEMON, tetapi sebaliknya MDaemon tidak bisa ping ke Gateway segmen lain
karena Default Gatewaynya tidak disetting. Tapi terkadang Comagent sering
terputus tiba-tiba dan saya tidak tahu kenapa bisa begitu. Saya sudah
browsing sana sini masih belum ketemu solusi yg pasti. Hal ini juga saya
sudah pernah tanya ke Pak Syafril sebelumnya. Mengingat di Kantor kita
semuanya menggunakan Microsoft Outlook untuk Send and Receive Email, maka
tidak ada 1 userpun yang mencoba menggunakan Comagent dari Browser
(WorldClient), jadi tidak ditest melalui Browser.

Kalau dilihat saat ini sih Normal saja Koneksinya, hanya terkadang masalah
itu muncul. Kadang sehari bisa 3-4 kali. Apakah ini bisa dikarenakan
Hardware Servernya? ataukah Jaringannya yg tidak benar?

Mohon infonya lagi Pak.

Terima Kasih

Regards,

Sukardy