On 2014-09-19 12:32, Tommy - IT wrote:
> Pak, untuk kasus smtp-out / smtp-in yang kerasa lambat, harus mulai
> di cek dari mana ? soalnya, saya cek antrian di mail server, untuk
> yg smtp-in nya koq ga selesai-selesai, sperti attachment yang saya
> kirimkan berikut. Adakah yang harus saya lakukan untuk antisipasi
> kedepannya, untuk masalah ini jika sampai terulang lagi ?

1. Hindari peletakkan MDaemon server di DMZ.
2. Kurangi jumlah firewall yang aktif.

Firewall bisa berarti hardware firewall, software firewall (termasuk
Windows Firewall) dan RealTime scanning antivirus.

Kalau pakai firewall, jangan block icmp protocol yang berperan dalam
penentuan besaran paket data (maximum transfer unit) yang disepakati
antara sender dan receiver.

3. Bypass semua tcp port untuk outbound connection, dari MDaemon ke
internet jika MDaemon diletakkan dibelakang firewall.

Hal ini untuk mencegah smtp port 25 exhausted (congestion) --> lambat.

4. Kurangi jumlah session connection, khususnya smtp-out

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.0.1/default-domain-and-servers_sessions.htm

lebih kecil lebih baik, naikkan secara perlahan sampai ketemu nilai yang
cocok dengan kapasitas kanal (bandwidth) yang Anda miliki.

4. Smtp port hanya dipakai untuk koneksi antar mail server saja, untuk
client (email client) selalu pakai MSA port 587.

5. Pisahkan jalur koneksi kecepatan tinggi (LAN connection) dengan
koneksi kecepatan rendah (internet connection) untuk kemudahan mengatur
besaran session connection.

Harga NIC sudah murah, bahkan sudah disediakan minimal 2 buah kalau
pakai komputer branded, pisahkan NIC untuk LAN dengan NIC untuk Internet.

> Pak Syafril, untuk email yang teregistrasi di Milis Komunitas Mdaemon
> Indonesia, ini apakah bisa saya mengajukan penggantian ? Misalnya
> tidak dari @yomart-minimarket.com ? hal ini untuk mengantisipasi,
> jika email yang saya gunakan mengalami masalah, jadi saya masih bisa
> tetap berkomunikasi dengan Milis yang bapak kelola.

Subscribe saja dengan 2 akun di milis ini, misalkan yang lain pakai akun
public yang gratis sebagai tindakan berjaga-jaga.
Bisa juga saat terjadi masalah baru melakukan subcription dari akun
publik tersebut, tinggal kirim mail ke mdaemon-l-subscr...@dutaint.com
saja kok.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.0 Beta RC3 SP 4.5.0 Beta B