> Mailnya delay.

> Koneksi ke recepient mail server lambat.

Apakah ini juga bisa berhubungan dengan DNS MDaemon yang saya pakai?
seperti waktu lalu saya tanyakan di milis ini mengenai DNS yg lambat dan
tidak bisa resolve domain recipient?

Saya kroscek dengan recipient, menurut mereka email2 dari sender lain tetap
bisa masuk dengan baik pak.  Kalau seperti ini apakah ada sesuatu yang bisa
saya lakukan disisi sender?

> [...]
> stack IPv4 dan IPv6 yang hasil query itu mx.cb.net.id tidak punya IPv6
> address (hanya punya Ipv4).

> Karena public IP Anda tidak punya IPv6 maka dihapus saja tcpv6 dari
> daftar tcp/ip protocol (di NIC)
>
> https://support.microsoft.com/en-us/kb/929852
>
> dan di MDaemon di set
>
> http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/15.0/index.html?ipv6.htm
>
> IPv6 (Dual stack available)
> MDaemon's SMTP/POP3/IMAP Servers...
>
> [x] ...accept only IPv4 connections
>
> [ ] Connect to outbound IPv6 hosts where possible

Jika MDaemon saya tidak ada  IPv6 apakah akan ada imbasnya seperti mungkin
akan ada email yg gagal kirim atau tidak bisa diterima?

Jika recipient juga tidak ada IPv6 apakah bisa ada imbas juga seperti yang
saya tanyakan diatas?

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
Rusdi