On 2015-04-01 14:50, alien wrote:
> Koneksi dari sender ke server Anda lambat, mungkin kanalnya sibuk
> (?)
>
> Yang lambat ini di bagian mana ya Pak?

Kanal alias jalur alias pipa koneksi internet.

> Sampai saat ini saya sudah rolling semua DNS server yang ada di
> MDaemon saya, email2 tetap saja masih bermasalah, terutama email yg
> ke/dari China dan India.

Kalau pakai multi koneksi yang terbaik run DNS resolver sendiri di
MDaemon server, berikutnya baru pakai public DNS server.

Tetapi dengan makin banyaknya ISP yang memblock DNS query ke public DNS
bisa coba di setiap NIC di set DNS nya pakai masing-2x ISP dan di
MDaemon DNS resolver menggunakan DNS yang terset di NIC.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/15.0/index.html?default-domain-and-servers_dns.htm

[x] Use Windows DNS servers

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 15.0.1-64bit Beta A, SP 4.5-64bit

Experience is a hard teacher because she gives the test first, the
lesson afterwards.
        --- Vernon Saunders Law