> Hmm... mereka (CBN) tidak ngomong ya bahwa problem itu sebenarnya disisi
> mereka yang menerapkan rate limit (throttling, maximum receiving message
> per day) yang mirip dipakai di web hosting.

Mereka hanya bilang kalau smtp nya harus dari cbn, pada saat itu cbn balum
tau kalau kami menggunakan mail server sendiri, rekanan kami yang
menggunakan jasa cbn, setelah kami jelaskan seperti itu lalu mereka mulai
mengarah ke antrian server kami Pak.

 > Jadi solusinya adalah minta ke CBN atau lebih baik lagi ke pengelola
domain
> yang sering berkorespondensi dengan user Anda untuk di exclude mail dari
> server mail.kapalapi.co.id dari rate limit, atau setidaknya dinaikan rate
limit
> quotanya.

Baik Pak, terimakasih untuk sarannya, saya akan coba follow up, baiknya
mungkin pengelola admin @iu.co.id saja ya Pak yang maju ke cbn.

> BTW. Umumnya mail server hanya menerapkan rate limit maximum send
> message/day, bukan rate limit incoming. Hanya web/cloud hosting yang
> menerapkan bandwitdh throttling untuk incoming traffic, khusus untuk web
> traffic.

kalaupun mereka menerapkan rate limit maximum send message/day, harusnya
session email dengan dua recipient domain @iu.co.id tetap bisa masuk kan ya
Pak?
Ini sepertinya berkaitan dengan rate maximum recipient (kalau ada)

Terimakasih pak untuk sarannya,
Saya akan coba diskusikan dengan pengelola mail @iu.co.id

Terimakasih,
Asep. Y