On 21/09/16 00:25, Shakir Salim wrote:

> Pak Syafril, melanjutkan beberapa pertanyaan mengenai skenario
> memindahkan mail server, ada beberapa kondisi yang harus kami jelaskan
> dan kami meminta cara terbaik untuk melakukannya diantaranya:

> 2. Sistem RAID Mail server saat ini tidak sesuai dengan system
> requirement MDaemon, jumlah user saat ini adalah -/+ 1800 sedangkan
> RAID yang dipakai adalah RAID 5 yang harusnya menggunakan RAID 10
> untuk mailbox sesuai link berikut
> http://www.altn.com/Products/MDaemon-Email-Server-Windows/System-Requirements/

Memangnya ditempat Anda pakai SAS atau SSD disk semua?

RAID itu pada prinsipnya untuk melakukan tindakan penyelamatan (Safety)
agar saat terjadi masalah disk (rusak) menjadi cepat bisa normal kembali
(recovery).
Disk SATA relatif lebih cepat rusak dibanding SAS, itu sebabnya
disarankan pakai RAID5 (yang bisa automatic switch ke spare disk).
Baca artikel berikut

http://www.cyberciti.biz/tips/raid5-vs-raid-10-safety-performance.html

> 3. Dalam proses migrasi diharapkan tidak mengalami downtime atau
> setidaknya bisa downtime kurang dari 24 jam, apakah memungkinkan jika
> melihat dari jumlah user kami dan sistem yang kami pakai sekarang?

Kalau drive E:\ merupakan NAS drive atau iScsi drive maka proses
perpindahan itu berkisar 20 - 45 menit.

> 4. Kami sudah mencoba melakukan simulasi untuk melakukan kompresi
> mailbox 1 tahun terakhir pada mail server memakan waktu 4 hari.

Lalu sudah dipindah hasilnya compressnya ke NAS/iscsi disk dan di
ekstrak disana?

> 5. Kami sudah melakukan migrasi dengan cara copy-paste menggunakan
> robocopy dengan kondisi mail server aktif, hasilnya menjadi adanya
> perbedaan status read/unread,

Kalau pindah mail datanya online memang akan begitu.
Message attribute (read, unread, replied, forward), IMAP filter dan IMAP
folder list disimpan di file *.mrk root folder mailbox dan IMAP folder.
File-2x itu akan otomatis diupdate oleh user saat melakukan perubahan
pembacaan mail melalui IMAP client atau Webmail.
Dengan demikian kalau copy and paste message file cukup file *.msg saja
yang dipindah, hindari copy *.mrk files.

Robocopy tidak cocok digunakan untuk copy and paste, gunakan file
synchronization macam fastcopy atau melalui ftp.
Seperti di mail saya yang lalu, tindakan file sync dilakukan setelah
sebagian besar message sudah dipindah ke server baru.

> dan beberapa gadget (IMAP) mendownload ulang email-email lama.

Yakin pakai IMAP di ponsel (MobilePhone)?
IMAP tidak akan dan tidak pernah mendownload ulang message lama, hanya
POP3 dengan leave copy message on server yang begitu.

Saat POP3 client mengaktifkan leave copy message on server maka akan
dibentuk file database di client yang namanya sesuai dengan nama POP3
server (misalkan UIDL-mail.kompas.tv.db) yang isinya daftar message yang
sudah pernah didownload.
Selama file itu tidak dihapus/ubah (misalkan karena ada message yang
hilang di server) maka message lama tidak akan didownload ulang.