On 22/09/16 11:38, Syamsul Arifin wrote:
>     Mungkin saya salah mengerti di sini pak
> https://discussions.apple.com/thread/2734975?tstart=0

Iya Anda salah mengerti :-)
Yang dibicarkan disitu soal incoming mail (pengaturan MX) dan
pertimbangan untuk email client yang digunakan user (round robin), tidak
ada soal PTR record.

PTR record itu perlunya untuk pengiriman mail.

http://www.mxpolice.com/email-security/importance-of-ptr-records-for-reliable-mail-delivery/

kalau ingin memanfaatkan multi line untuk incoming mail dari internet
mail server maka ubah MX recordnya menjadi

nittoh.co.id    MX      10      mail1.nittoh.co.id
nittoh.co.id    MX      20      mail2.nittoh.co.id

lakukan ubahan itu nanti setelah A record kedua host diatas sudah
dibuatkan DNS hoster (Telkomhosting).

A record mail.nittoh.co.id tetap ada, yang ini untuk keperluan email
client mengakses mail ke MDaemon.
Jika diinginkan mail.nittoh.co.id juga bisa failover maka manfaatkan DNS
failover nya DNSmadeasy atau Telkomhosting (seingat saya sih dulu mereka
punya layanan dynamic DNS, mungkin sekarang barangkali sudah
dikembangkan ke DNS failover)

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.5-64, SP 5.0.1-64

Change is the end result of all true learning.
        --- Leo Buscaglia