On 14/07/17 11:38, Agus Tarpindo wrote:
> Belakangan ini member saya  banyak yang bermasalah dengan
> Thunderbirdnya, ketika pertama kali dibuka sering kali muncul warning
> “mail dropped already locked”

Itu karena pakai konfigurasi POP3 padahal akun itu juga diakses dari
devices lain dengan POP3 juga.
Ubah setting di mobile devices pakai IMAP agar tidak muncul error
seperti itu.
Jika satu akun sedang diakses oleh POP3 client maka koneksi berikutnya
dari POP3 client akan ditolak dengan error "mail dropped already locked”
karena protocol POP3 hanya membolehkan 1 sesi koneksi saja.

Jika satu akun ingin diakses dari banyak devices gunakan IMAP.
Mobile devices umumnya punya IMAP client yang mendukung Push IMAP secara
built-in, demikian pula dengan ThunderBird sementara Outlook masih pakai
IMAP conventional yang hanya cocok untuk koneksi high speed (LAN
connection).
Outlook (dan windows mail) merekomendasikan pakai ActiveSync untuk
koneksi yang mirip Push IMAP.

https://en.wikipedia.org/wiki/Push-IMAP

Push IMAP lebih efisien dalam penggunaan resources dibanding POP3.
Saat koneksi pertama hanya akan membaca message header saja (+/- 10 Kb),
saat message di view barulah dia baca content (body text yang umumnya
punya size 50 - 250 Kb), baru saat akan view lampiran file akan
didownload lampirannya (yang mungkin bisa besar sekali).
POP3 dan IMAP konvensional akan download dulu keseluruhan message baru
ditampilkan di inbox, sehingga lebih boros resources.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.2-64, SP 5.1-64

You have to learn the rules of the game. And then you have to play
better than anyone else.
        --- Albert Einstein

Kirim email ke