On 19/07/17 11:18, mauritz devis wrote:
> mohon pencerahannya, apakah multiple session dari satu email account
> yang muncul pada IMAP session adalah hal yang wajar ataukah kesalahan
> setting pada MD saya?

Wajar.
IMAP memang membolehkan unlimited multi session pada waktu yang sama
mengakses akun yang sama.

> 1 account email dapat mempunyai 8 session ID dengan kondisi diakses dari
> 2 perangkat (laptop dan handphone)

1 IMAP client bisa generate multi IMAP session, umumnya 1 session untuk
akses IMAP folder.
Makin banyak IMAP folder yang dimiliki akan makan banyak IMAP session
yang dibuat (generate).

Jumlah IMAP session yang banyak akan menimbulkan masalah lambat disisi
client jika saat itu menggunakan koneksi lambat (high latency connection).
Itu sebabnya IMAP client di mobile device umumnya membatasi jumlah (max)
IMAP session yang boleh digunakan.
IMAP session hanya akan dibuat saat client akses/view IMAP folder,
sekalipun dia punya banyak IMAP folder akan tetapi jika hanya view/check
mail untuk 1 IMAP folder akan generate 1 IMAP session saja.
IMAP client mobile device yang baik akan ada pengaturan IMAP folder mana
saja yang akan automatic check untuk menjaga performansi.

Untuk dekstop PC IMAP client umumnya tidak dibatasi karena dirancang
untuk koneksi LAN yang cepat, seingat saya hanya di ThunderBird yang
bisa di adjust maximum IMAP sessionnya dari bawaan intalasi (default) 10
IMAP session saat pakai LAN dan 5 IMAP session saat pakai koneksi mobile
network connection atau wireless.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.2-64, SP 5.1-64

Learning without thought is labor lost; thought without learning is
perilous.
        --- Confucius (551 BC - 479 BC), The Confucian Analects