YTH Pak Syafril

> Ah ya benar godaddy, Masterweb adalah domain hosting (domain registrar),
> tetapi dewaweb adalah web hosting dan dns hosting.
> Domain registrar sekarang ini umumnya juga memberikan layanan DNS
> hosting sekaligus dengan web hosting dan mail hosting.
>
> DNS hosting hanya memberikan setting forward DNS zone saja (A record, MX
> record dls), sementara PTR record hanya bisa diberikan oleh ISP (exclusive
> right) karena alokasi IP memang hanya bisa diberikan oleh ISP.
> IP/domain dari DNS hosting tidak ada yang perlu di set di Internet Mail server
> (MDaemon), beda peruntukkan.

> [...]

Lalu yang menghubungkan antara mail server (MD) saya dengan domain
@os-selnajaya yang ada di server Dewaweb itu bagian mana Pak settingnya?
Atau apakah penghubungan ini dilakukan oleh ISP di tempat mail server atau
harus dari saya ya Pak?
Seandainya saya ingin mengganti ke godaddy atau masterweb, bagian mana saja
yang harus saya setting Pak?

Terima kasih
Best regards,

Agus