On 11/08/17 17:20, Alim wrote:
> Akhir-akhir ini, MDaemon saya sering not responding,
> ketika saya periksa di Task manager, terlihat memory banyak digunakan
> oleh MDSpamD.exe,
> apakah ini artinya Spam Filter saya terlalu bekerja keras?

Ya.

> Bagaimana saya memeriksanya? Setting Spam Filter yang seperti apa yang
> ideal?

AntiSpam content filtering = Spamassassin = MDSpamD.
Dia akan memeriksa content mail untuk lalu membuat spam score.
Makin besar mail size akan makin banyak sumber daya (CPU, RAM) yang akan
dipakai.
Umumnya spam yang asli pakai size kecil saja (less than 100 KB), jarang
spam berukuran besar karena akan menghabiskan sumberdaya di sisi spammer
(khususnya bandwidth), mereka lebih suka pakai URL link yang lebih irit
biaya.
Sayangnya URI-BL/SUR-BL check yang digunakan spamassasin perlu biaya
subscription ke uribl.com agar bisa berfungsi penuh, mirip dengan
spamhaus dia menerapkan limit untuk koneksi yang free.
DNS-BL sih sudah ditangani oleh MD DNS-BL, jadi tidak perlu diaktifkan
di spamassassin (dan bawaan instalasi MDaemon sudah non aktif).

Singkatnya untuk menurunkan penggunaan resources besar dari MDSpamD maka
size yang di check dikecilkan saja.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/17.0.1/index.html?sf_options.htm

Don't filter messages larger than [XX] kb (0=up to 2MB)

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.5-64 Beta A, SP 5.1-64

Tugas anak muda adalah membuat sejarah, bukan menulis sejarah.
        --- Anies Baswedan