On 26/10/17 17:10, Slamet Raharjo wrote:
> Saya sudah mengactivekan reverse lookup terlampir, apakah ada warning ke
> postmaster untuk MX yang tidak punya PTR ya pak ?

Tidak ada.

MX record adalah prasyarat (indikasi) sender domain punya mail server, agar saat
mail dibalas atau autoresponder message berjalan dengan benar (tidak bounce).
Penolakkan terhadap ada/tidaknya MX record untuk mencegah penyalahgunaan domain
yang sudah expired untuk kirim spam mail.

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg22777.html

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.1-64, SP 5.5-64 Beta C

Education is the power to think clearly, the power to act well in the world's
work, and the power to appreciate life.
        --- Brigham Young