On 15/11/17 14:50, Iyak Aja wrote:

> Senin tgl 13 Nov 2017

Pagi s/d sore hari?

> Iya ada pak.
> Satu jam kemudian saya dapat messageĀ "Success:message delivery successful".
> Berarti sudah berhasil ke kirim ya pak? Tapi lama juga ya pak?

Ya.

Sejak Sabtu 2017-11-11 dini hari s/d 2017-11-13 malam server kami terkena rate
limit atau ditolak oleh banyak server domain penerima karena PTR record IP kami
tidak bisa di resolve.
DNS server milik ISP kami yang menangani PTR record down berkali-kali sejak
tanggal 2017-11-11 yl.

DNS server milik ISP baru pulih normal 2017-11-13 pagi menjelang siang dan
karena perubahan DNS butuh waktu penjalaran di Internet (propagation) maka
pengiriman mail baru normal 2017-11-13 tengah malam.
Sekarang koneksi server kami sudah dioptimasi oleh ISP sehingga performansinya
lebih tinggi/cepat dibanding di ISP lama, silakan periksa transfer rate di
MDconfig screen log smtp-in.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.1-64, SP 5.5-64

Education is the power to think clearly, the power to act well in the world's
work, and the power to appreciate life.
        --- Brigham Young