On 24/11/17 12:38, Agus Tarpindo wrote:
> Mereka coba kirim email ke 2 klien yang berbeda (@sumcosi.com & @hanwa.co.jp)
> namun tidak diterima oleh klien Pak.

Sampaikan ke mereka untuk menanyakannya ke pengelola mail servernya.

> Saya sudah cek di SMTP (out) tapi reportnya success Pak. dan saya juga tidak
> terima email apapun dari postmaster perihal gagal kirim untuk kedua domain
> tersebut.

Menurut log mail memang sudah sukses terkirim ke relayhost server penerima,
sesuai tanggung jawab dari sender server (MDaemon).
Menjadi tanggung jawab relayhost dan office/backend server untuk meneruskannya
ke user/recipient mailbox.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.2-64 Beta A, SP 5.5-64

The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it
yet, keep looking. Don’t settle.
        --- Steve Jobs