On 25/01/18 10:57, alim s wrote:
> Dinamisasi di perusahaan kami telah menghasilkan keputusan menghosting mail
> server di ISP di Semarang dengan menggunakan system yang berbeda.
>
> Sehingga mail server MDaemon di jakarta menjadi berhenti beroperasi.

Mungkin memang lebih baik begitu karena banyak mail loop antar user di Jakarta
dengan Semarang saat pakai MDaemon di Jakarta, menghabiskan banyak resources
(bandwidth, cpu dll), padahal user di Semarang kelihatannya lebih banyak (?).

> Ada ide saya untuk membuat semacam mail server lokal di office Jakarta
> (menggunakan MDaemon), dengan tujuan agar email dari sesama staff di Jakarta
> bisa lebih cepat dikarenakan hanya melalui mail server lokal saja.

> Bagaimana hal ini diimplementasikan? Bisakah mail server lokal meneruskan ke
> mail server utama apabila email ditujukan pula ke user di luar perusahaan?

Itu soal mundah, tinggal aktifkan menu berikut

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/17.5/index.html?unknown_mail.htm

Incoming mail sent to local users who do not exist should be...

[ ] ...returned to sender with a 'no such user' warning
[ ] ...sent to the 'Postmaster' alias

Advanced Options

[x] Enable advanced options

Send the message to this host: mx2.bmp.net.id (atau mx3.bmp.net.id)

> Mohon solusinya, dan juga ide yang lain jika ada, terkait pemanfaatan mail
> server MDaemon yang telah berhenti beroperasi tersebut.

Cara diatas assumsinya semua user terdaftar di server semarang, tanpa kecuali,
dan MDaemon jakarta mengaktifkan multipop untuk retrieve mail dari server
semarang.

Jika server di semarang bisa melakukan forward mail ke server jakarta kalau
recipientnya non local maka bisa ada akun yang terdaftar di jakarta atau
semarang saja.
Tidak terlalu bagus sih, masih ada mail loop juga.

Lihat ide lebih rinci dari arsip berikut jika pakai domainpop (yang lebih
advance dibanding multipop).

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg33933.html

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.2-64, SP 5.5-64

We are products of our past, but we don't have to be prisoners of it.
        --- Rick Warren