On 15/02/18 10:06, Hendra Soewondo wrote:
> Saya ingin tanyakan, Kenapa ada email yang tidak bisa di cek port
> smtp/pop3/imap
> menggunakan tooling cek port tetapi mereka bisa send/receive email? Contohnya
> marsh.com, kami email-email sama domain ini.

Maksudnya check port itu bagaimana persisnya?

Mail domain marsh.com menggunakan relayhost (Mail firewall/gateway) untuk terima
mail.
Relayhost tidak perlu (tidak harus punya) pop3/imap server cukup pakai smtp port
25 saja untuk kirim/terima mail dari mail server lain.

Backend (office) server (server yang ada user mailbox) yang mengaktifkan
pop3/imap/msa.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.2-64, SP 5.5-64

I am who I am today because of the mistakes I made yesterday.
        --- The Prolific Penman