On 08/03/18 13:37, Slamet Raharjo wrote:
> Terlampir kondisi Quota Settings yang saya setup di MDaemon.
> Untuk yang saya beri kotak sengaja saya uncheck, karena jika saya check ada
> issue sbb :
>
> 1. Misal saya kirim e-mail dari sla...@gmail.com ke sraha...@aio.co.id
> (normal tidak over quota) dan ke an...@aio.co.id (over quota)
> 2. E-mail yang saya kirimkan dari gmail tersebut dapat di terima dengan baik
> oleh sraha...@aio.co.id dan tidak di terima oleh an...@aio.co.id karena over
> quota
>    Dan informasi over quota juga di terima oleh gmail.
> [...]

Standar protocol internet mail kalau kirim ada client kirim single mail dengan
multi recipient dan salah satu recipientnya over quota atau unknown maka client
harus meneruskan pengiriman mail data tidak langsung hang up (quit).
Client disini bisa berupa email server (MTA) atau email client (MUA).

Server googlemail.com mengikuti kaidah itu atau menggunakan teknik separate mail
session per recipient, tetapi email client yang Anda gunakan tidak.
Mestinya ada informasi error dari email client perihal tersebut.

Saya sudah sampaikan ke MDaemon developer agar kedepannya mail dari authenticate
user di accept saja lalu dikirimi DSN karena umumnya outlook user kurang
mengerti maksud dari Error yang disampaikan oleh mailer itu karena infonya
terlalu teknis.

BTW Kalau menu

[ ] Refuse incoming messages sent to over quota accounts

mestinya menu berikut harus non aktif juga

[ ] SMTP server sends 552 when account is over quota (otherwise sends 452)

agar mail yang masuk melalui smtp service tidak ditolak.
Kalau mail masuk lewat domainpop tidak terpengaruh dengan aktif/tidaknya menu
tersebut.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.0-64 Beta B, SP 5.5.1-64 Beta A

The only thing that stands between you and your dream is the will to try and the
belief that it is actually possible.
        ---  Joel Brown