On 21/09/18 15:06, Suzy Ariyani (s...@ptbmi.com) wrote:
> Jika misal kita cek SMTP-(in).Log per 2-3x dlm sehari dg keyword:
> - PTR record mismatch
> - Domain must resolve
> dan membuat daftar semua email error yg berhubungan dg keyword di atas
> lalu kita sebar ke everyone utk dipilah2 oleh para pengguna internet
> email, memungkinkan tidak ya pak?

Menurut saya sih cara itu hanya buang-2x waktu saja.

> yg sy takutkan adalah Penerima mengabaikan daftar email yg harusnya
> mereka cek tsb.
> dan akhirnya kita (administrator email) harus mengira2 sendiri email2 tsb.

Mestinya cukup dikira-kira sendiri dulu (gunakan logika bisnis) atau di
periksa silang ke smtp-out log apakah ada pengiriman mail ke recipient itu.
Setelah itu kalau masih ragu boleh ditanyakan ke semua user.

BTW. Teks kutipan ulang (quote text) yang tidak berhubungan dengan
konteks yang akan dibicarakan sebaiknya dihapus.
Lihat contohnya disini

atau lebih lengkap disini

https://www.netmeister.org/news/learn2quote.html

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.5.0-64 bit Beta RC2

Learning without thought is labor lost; thought without learning is
perilous.
        --- Confucius (551 BC - 479 BC), The Confucian Analects