> Ganti binding IP dan DNS resolver yang digunakan MDaemon, sesuai dengan
> ISP yang baru.
>
> Tetapi kalau MDaemon run dibelakang firewall dan menggunakan Local/LAN
> DNS resolver tidak ada yang perlu diubah di MDaemon.
> Dalam hal ini perubahan di firewall/network saja yang perlu dilakukan.

Terima kasih banyak informasinya, Pak. Saat ini MDaemon run di bawah
firewall dengan port forwarding/maping IP, Pak. jadi saya hanya perlu
ganti DNS sesuai dengan ISP yang baru saja ya? selanjutnya untuk waktu
migrasi nih pak, PTR record apakah boleh diganti dengan IP yang baru
sebelum migrasi? misalnya kami berencana migrasi di hari Jumat after
office Hour gitu, apakah PTR record boleh diganti sebelum itu? maksud
saya, apakah jika dilakukan penggantian PTR Record sebelum jadwal
migrasi mdaemon akan down? atau harus sesuai jadwal?