On 2018-10-16 22:16, Anjas Wahyu Nurhayanto (an...@inticipta.co.id) wrote:
> ya, masih belum bisa telnet ke port 25 nya dutaint dan microsoft

test juga ke servernya ISP.

$ telnet mx-a.maxindo.net.id 25
Trying 150.129.18.4...
Connected to mx-a.maxindo.net.id.
Escape character is '^]'.
220 mx-a.maxindo.net.id ESMTP Postfix (Debian/GNU)

$ telnet mail.maxindo.net.id 25
Trying 122.144.3.178...
Connected to mail.maxindo.net.id.
Escape character is '^]'.
220 estint.maxindo.net.id ESMTP Postfix

> betul. menurut informasi mereka begitu. tapi saya tidak tahu juga
> bagaimana cross checknya.

Kalau koneksi di/terblock bisa membuat NIC congestion (overload) dan
obatnya hanya satu (pakai os/device apapun) reboot (restart server).
Setelah reboot, test lagi dengan telnet.
Jika telnet berhasil maka MDaemon pun akan berhasil pula kirim mail ke
internet.
Kalau perlu restart internet router/firewall.

Jika belum bisa juga, hubungi lagi ISP atau ganti koneksi ke ISP lain
dan gunakan smarthost milik ISP itu, bisa pakai wired broadband (fiber)
atau wireless broadband (4G).

MDaemon-L Moderators, MDaemon 18.5.1-64 Beta A

Tidak ada burung yg terbang terlampau tinggi, kalau dia terbang dg
sayapnya sendiri
        -- William Blake, 1757-1827