On 06/12/18 08.12, Slamet Raharjo (sraha...@aio.co.id) wrote:
> Jadi biasanya jika ingin di temukan, harus cek logs saat itu juga
> pada saat si pengirim mengirim e-mail, jadi jika sudah telat cek logs
> sekitar 10 menit saja Sepertinya logsnya sudah tidak ada (saya sudah
> cek ke All logs maupun SMTP-in logs), dan hal ini sering terjadi (di
> logs tidak ada).

Harusnya ada di smtp-in log tanggal 2018-12-05.

> Nah pertanyaan saya, kenapa logs yang terkait transaksi reverse
> lookup tersebut tidak selalu tersimpan di logs ya pak ?

Pasti tersimpan, hanya saja tergantung setting logsnya apakah disimpan
selama 30 hari (recommended) atau hanya 1 hari (standar instalasi) lalu
pindah ke old log folder dan disimpan dalam 1 file berapapun sizenya
(recommended) atau di split file menjadi beberapa file *.old (standar
instalasi di MDaemon lama).

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/18.5/index.html?log_maintenance.htm

Maximum log file size 0 KB

Maximum number of .OLD logs to keep = 0

Archive log files older than 30 days

Pengaktifan ALL log tidak direkomendasi untuk server yang lalu lintasnya
sibuk (diatas 1000 message/hours), disamping menghabiskan banyak ruang
disk juga susah/berat di view/search.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.5.1-64 bit

Life is really simple, but we insist on making it complicated.
        --- Confucius