On 05/09/19 19.27, Robby Sulaiman (robbysulaiman...@gmail.com) wrote:
> Boleh kiranya untuk share ke saya apa sebenarnya ptr record, mx record,
> a record dan hosting.

Legalitas di email mencakup :

PTR record = Identitas IP yang digunakan untuk kirim mail.
MX record = Nama host yang digunakan untuk menerima mail untuk domain
tertentu.
A record = Identitas host yang sesuai dengan nama host di MX record.
Registered Domain = Identitas pengirim mail.

Disamping registered domain hanya MX record yang untuk penting
penerimaan mail, yang lain (PTR, HELO FQDN/A-record) penting untuk
pengiriman mail.

PTR record dibuat di DNS khusus, namanya reverse DNS zone dan umumnya
hanya bisa dibuat oleh ISP.
DNS record lain (MX, A) dibuat di DNS hosting, namnya forward DNS zone.

https://www.s-p-s.com/email-delivery-issues
https://www.mxpolice.com/email-security/importance-of-ptr-records-for-reliable-mail-delivery/

Hosting bisa macam-2x: Mail Hosting, Web hosting, DNS hosting dls,
tetapi intinya adalah hosting memberikan layanan sesuai aplikasi.

> Kami ada satu server hp model DL 40 apakah bisa dipakai untuk kebutuhan ini.

Bisa asalkan RAMnya dan disknya cukup.
Besarnya RAM sesuai dengan rekomendasi operating system dan aplikasi,
kapasitas disk sesuai dengan jumlah user mailbox.

rekomendasi resminya seperti ini

https://www.altn.com/Products/MDaemon-Email-Server-Windows/System-Requirements/

MDaemon-L Moderators, MDaemon 19.5.0-64 Beta A

Kalau logika yg sejalan dg akal sehat itu disebut bertentangan atau
malah memperkosa aturan yg ada, Anda hrs menyimpulkan aturan-2x yg ada
itu bukanlah common sense melainkan common nonsense alias salah kaprah
        -- Eli Goldratt