On 07/09/19 07.07, Robby Sulaiman (robbysulaiman...@gmail.com) wrote:
> Ya, ini kasusnya adalah user/client saya tdk bisa kirim  email ke
> @mandiratravel.com <http://mandiratravel.com>
>
> Jadi email server dari User/client saya tidak bisa menemukan
> mandiratravel.com <http://mandiratravel.com>?
>
> Namun dari email lain / private mail user/client saya bisa diterika dg
> baik. Maaf saya ngga paham

Setiap domain punya name server (authoritative DNS server) masing-2x.
Domain gmail.com punya Name Server yang berbeda dengan mandiratravel.com.

$ dig gmail.com ns

;; ANSWER SECTION:
gmail.com.              345600  IN      NS      ns2.google.com.
gmail.com.              345600  IN      NS      ns4.google.com.
gmail.com.              345600  IN      NS      ns1.google.com.
gmail.com.              345600  IN      NS      ns3.google.com.

ns1.google.com.         345527  IN      A       216.239.32.10
ns2.google.com.         345554  IN      A       216.239.34.10
ns3.google.com.         345360  IN      A       216.239.36.10
ns4.google.com.         345600  IN      A       216.239.38.10

DNS itu jantungnya internet, kalau DNS server mati atau tidak meresponse
maka semua Internet Application Server akan tidak bisa dihubungi.
Mail server menggunakan (query) ke authoritative DNS server sebelum
kirim/meneruskan mail ke recipient domain, menanyakan apa MX record
(nama server yang bertanggung jawab terima mail) recipient domain.

> Saya bisa sarankan apa untuk mereka? (Mandiratravel.com)

Perbaiki Authoritative DNS servernya, gunakan minimum 2 server (2 IP)
dan maksimum 6 server (6 IP).

MDaemon-L Moderators, MDaemon 19.5.0-64 Beta A

Competition is the keen cutting edge of business, always shaving away at
costs.
        --- Henry Ford