Dalil untuk sholat tasbih sbb.:

Rasulullooh s.a.w. bersabda kepada Abbas bin Abdul Mutholib:
Wahai Abbas, pamanku, apakah engkau suka kuberi. Kuberi hadiah istimewa,
kuajari sepuluh macam perbuatan yang dapat menghapus sepuluh macam dosa.
Jika paman mengerjakan itu, pasti Allah mengampuni dosa-dosa paman, baik
yang terdahulu maupun yang sekarang, yang sudah lama maupun yang baru, yang
tidak disengaja maupun yang disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang
tersembunyi maupun yang jelas.
Sepuluh amal itu ialah Sholat empat rak'at, tiap-tiap rak'at membaca Surat
Fatihah dan surat apa saja; selesai membaca itu dalam rak'at pertama lalu
membaca diwaktu masih berdiri :
Sub-hanalloohi wal-hamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu Walloohu akbar (15
x),
lalu ruku' dan membaca diwaktu itu tasbih tsb. 10 x,
i'tidal dari ruku' dan baca lagi 10 x,
turun untuk sujud dan baca lagi 10 x,
angkat kepala dari sujud dan baca lagi 10 x (duduk antara sujud),
sujud kembali dan baca lagi 10 x,
angkat kepala dari sujud (duduk sebentar sebelum berdiri) baca 10 x,
Jadi jumlahnya ada 75 x dalam setiap rak'at. Demikianlah yang harus
dikerjakan dalam setiap rak'at dari keempat rak'at itu. Apabila dapat
dikerjakan sekali tiap-tiap hari kerjakanlah.
Kalau tidak dapat, boleh setiap jum'at sekali, dan kalau tiap-tiap jum'at
juga tidak dapat, boleh dikerjakan setiap tahun sekali. Kalaupun tiap-tiap
tahun juga tidak dapat, boleh dikerjakan sekali
dalam seumur hidup. (HR. Abu Dawud, Ibn Majah, Ibn Khuzaimah dalam Kitab
Sahihnya).
 Disini (ILMU FIQIH ISLAM LENGKAP) diterangkan bahwa kalau dikerjakan singa
hari, hendaklah 4 rak'at dengan satu salam. Kalau dikerjakan malam hari,
hendaklah empat rak'at dengan dua salam. (tanpa hadiest untuk
menjelaskannya)