Wa'alaikum salam wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim

sebelumnya saya beritahukan, bahwa saya adalah salah satu members di
media dakwah dan tidak satupun milis yg saya moderatori. dan
sebetulnya ada beberapa members dari milis lainpun yg menyangka bahwa
sama moderator di milis tsb, hanya karena tulisan2 saya yg sering
mereka temukan di milis tsb.

perlu diketahui..sesungguhnya milis media dakwah ini memang memilih
bahan2 diskusi yg layak or tidak untuk dibicarakan. dan sesungguhnya
moderatorpun menjaga milis ini dari topik2 yg sebetulnya tidak layak
untuk dibicarakan karena tidak sesuai dengan misinya, yaitu
mempelajari islam secara baik dan benar. guna menjaga para members
lain yg baru ingin belajar mengenai islam agar tidak bingung.

untuk pertanyaan anda mengenai apakah Al-Qur'an itu mahluk Allah atau
bukan? karena menurut anda Al-Qur'an itu adalah "ciptaan Allah".
sesungguhnya pertanyaan anda itu bukan merupakan dakwah islam
transparan yg anda maksud, tapi lebih pada kejahilan atas pemikiran
anda senidiri dan sungguh itu bukan satu pertanyaan yg perlu untuk
diperbincangkan. jadi..layaklah bila moderator yg ingin menjaga milis
ini dari hal2 yg tidak perlu spt itu dan hanya membingungkan para
members yg lain.

oke, kalau anda penasaran ingin mengetahui dimana kesalahan anda akan
pertanyaan itu, saya coba untuk menafsirkan berdasarkan logika saya
karena andapun bertanya berdasarkan logika anda. (karena berdasarkan
dalil pun sudah diterangkan oleh bang Nizami)

kalau secara logika saya, al-qur'an itu adalah kumpulan firman=(kata-
kata/ucapan/sabda) Allah yg disampaikan kepada RasulNya melalui
perantara jibril. terangkum dalam satu kitab yg bernama Al-Qur'an.
dan merupakan salah satu mukjizat bagi Baginda Nabi Muhammad saw.
jadi, Al-Qur'an merupakan kumpulan perkataan Allah. bila ingin di
analogikan misalnya seperti para pujangga yg menuliskan semua
puisi2nya dalam satu buku, tapi..sesungguhnya semua perkataan Allah
ataupun sifatnya tidak bisa disamakan dengan suatu apapun.
Jadi..layaknya PERKATAAN, bukanlah MAHLUK yg diciptakan spt manusia,
hewan, dsbnya, spt yg anda maksud.

jadi..sudah anda ketahui, bahwa pertanyaan anda itu memang tidak
layak dan tidak mutu sama sekali untuk dibahas, karena sama sekali
tidak menjurus pada dakwah islam yg transparan yg anda maksud. dan
hanya membuang2 waktu untuk mendiskusikannya spt pertanyaan orang2
jahil yg sering mempertanyakan apakah nabi isa akan turun?? babi
haram tapi jeroannya tidak haram. atau mengapa nama hawa tidak
disebutkan dalam al-qur'an.

ketimbang untuk membahas hal2 yg tidak mutu spt itu, dan hanya
membelokkan niat kita untuk mempelajari hal2 yg lebih bermanfaat
untuk kita selanjutnya, spt Akidah islam yg benar, Tauhid, Iman,
Islam, kandungan Al-Qur'an dan Sunnah Rasul.

ok..jadi benarlah sikap moderator untuk menjaga para members lain yg
masih ingin belajar agar tidak bingung dan dibelokkan niatnya hanya
untuk membahas hal2 yg tidak manfaat dan bukan dakwah islam yg
transparan.

salam
hana

--- In media-dakwah@yahoogroups.com, as as <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum wr wb, Akang Suhana,
> Kemarin saya tulis pertanyaan di bawah ini ini kepada Media Dakwah,
tetapi kok tidak dimuat. Saya menjadi  prihatin, bagaimana dengan
dakwah Islam yang transparan ? Apakah transparan dalam berdiskusi itu
dilarang ?
> Wassalamu'alaikum wr wb.
>

> Assalamu'alaikum wr wb,
> Pada tulisan tersebut antara lain ditulis :
>
> Imam Malik pun ketika ditanya tentang orang yang mengatakan bahwa
Al Qur'an itu makhluk, maka beliau berkata : "Dia menurut pendapat
adalah kafir, bunuhlah dia !" Juga Ibnul Mubarak, Al Laits bin Sa'ad,
Ibnun Uyainah, Hasyim, Ali bin Ashim, Hafs bin Ghayats maupun Waqi
bin Jarrah sependapat dengannya. Pendapat yang seperti ini juga
diriwayatkan dari Imam Tsauri, Wahab bin Jarir dan Yazid bin Harun.
(Mereka semua mengatakan) : Orang-orang itu diminta untuk taubat,
kalau tidak mau dipenggal kepala mereka. (Syarah Ushul I'tikad 494,
Khalqu Af'alil Ibad hal 25, Asy'ariyah oleh Al Ajuri hal. 79, dan
Syarhus Sunnah/ Al Baghawi 1/187

> Yang saya tanyakan :
>
> Bukankah mahluk itu artinya YANG DICIPTAKAN ? Bukankah Allah itu
menciptakan dunia seisinya ? Apakah Al Qur'an itu termasuk isi dunia
yang diciptakan Allah, ataukah bukan ?

> Al Khalik = Pencipta
>
> Mahluk = Yang diciptakan ?
>
> Manusia adalah yang diciptakan Allah, jadi mahluk atau bukan ?
>
> Apakah Al Qur'an itu tidak diciptakan Allah, tetapi ada dengan
sendirinya, sehingga tak boleh disebut mahluk ?

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/TXWolB/TM