Assalamualaikum,
Sudah lama saya mendengar tentang sistem Imsak, dimana sahur 'dihentikan' 10
menit menjelang azan, sekarang saya mendengar bahwa itu bid'ah, karena
menurut Al Hafist rahimamullah dalam Al Fatah (4/199) berdasarkan sunnah
rasulullah saw : "menta'khirkan makan sahur dan
mentaqdimkan buka puasa." Kemudian saya juga dengar bahwa Rasulullah
bersabda " Kalau salah seorang diantara kalian mendengar adzan,sedang wadah
ada di tangannya, janganlah ia letakkan hingga hajatnya puas ". Hadist ini
di keluarkan oleh Abu Daud, Ibnu Jarir At-Thabari dalam "Tafsir" (2/102), Al
Hakim (1/426) dll. Saksi kuat atas riwayat di atas itu apa yang di bawakan
oleh Abu Amamah Ra.
katanya "Iqamat untuk shalat sudah di kumandangkan, sementara di tangan Umar
ada segelas minuman, maka katanya : "Ya Rasulullah, apakah saya akan
meminumnya ? Maka jawabnya tegas : Ya, lalu ia pun meminumnya" (Di keluarkan
oleh Ibnu Jarir At-Thabari(2/102) dengan sanadnya dan hadist itu Hasan.
Apakah 3 hadist tersebut benar-benar hasan?

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/TXWolB/TM