Assalamu'alaikum wr.wb.,

Akh Ahmed yang dirahmati Allah,
Jazakallah atas postingannya.  Namun karena sudah dianggap selesai, maka
saya tidak akan membahas hal itu lebih lanjut.  Hanya yang bisa saya
sampaikan adalah, setahu saya jalan sufi itu (melalui tarekat) ada banyak
sekali, dan diantaranya ada yang 'menyimpang' dan ada yang lurus ...  CMIIW.

Jalan menuju Allah SWT itu adalah sebanyak tarikan nafas manusia ...

Sebelum benar - benar diakhiri pembahasan ini, saya hanya ingin menyampaikan
testinomi para ulama ahli fiqih terhadap sufi dan tasawuf.  Termasuk
diantaranya dari Imam Abdul Qoyyim Al-Jauziyah, Ibnu Taimiyyah, hatta
Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahab sendiri.  Mungkin tasawuf yang
dimaksud para ulama tersebut yang perlu kita ikuti.

Memang kalau tidak kenal, maka tak akan sayang ...

Al'afwu minkum, mohon maaf buat semuanya bila kurang berkenan.

Salam, sayang,
Hidayat

===

Kesaksian Para Ulama Fikh Tentang Ulama Sufi
http://media.isnet.org/sufi/Opini/Saksi.html

Imam Abu Hanifa (81-150 H./700-767 CE)
Imam Abu Hanifa (r) (85 H.-150 H) berkata, "Jika tidak karena dua tahun,
saya telah celaka. Karena dua tahun saya bersama Sayyidina Ja'far as-Sadiq
dan mendapatkan ilmu spiritual yang membuat saya lebih mengetahui jalan yang
benar".
Ad-Durr al-Mukhtar, vol 1. p. 43 bahwa Ibn 'Abideen said, "Abi Ali Dakkak,
seorang sufi, dari Abul Qassim an-Nasarabadi, dari ash-Shibli, dari Sariyy
as-Saqati dari Ma'ruf al-Karkhi, dari Dawad at-Ta'i, yang mendapatkan ilmu
lahir dan batin dari Imam Abu Hanifa (r), yang mendukung jalan Sufi." Imam
berkata sebelum meninggal: lawla sanatan lahalaka Nu'man, "Jika tidak karena
dua tahun, Nu'man (saya) telah celaka." Itulah dua tahun bersama Ja'far
as-Sadiq

Imam Malik (94-179 H./716-795 CE)
Imam Malik (r): "man tassawaffa wa lam yatafaqah faqad tazandaqa wa man
tafaqaha wa lam yatsawwaf faqad fasadat, wa man tafaqaha wa tassawafa faqad
tahaqqaq. (Barangsiapa mempelajari/mengamalkan tasauf tanpa fikh maka dia
telah zindik, dan barangsiapa mempelajari fikh tanpa tasauf dia tersesat,
dan siapa yang mempelari tasauf dan fikh dia meraih kebenaran)." (dalam buku
'Ali al-Adawi dari keterangan Imam Abil-Hassan, ulama fikh, vol. 2, p. 195

Imam Shafi'i (150-205 H./767-820 CE)
Imam Shafi'i: "Saya bersama orang sufi dan aku menerima 3 ilmu:
   1. mereka mengajariku bagaimana berbicara
   2. mereka mengajariku bagaimana meperlakukan orang dengan kasih dan hati
lembut
   3. mereka membimbingku ke dalam jalan tasauf
[Kashf al-Khafa and Muzid al-Albas, Imam 'Ajluni, vol. 1, p. 341.]

Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 H./780-855 CE)
Imam Ahmad (r): "Ya walladee 'alayka bi-jallassati ha'ula'i as-Sufiyya. Fa
innahum zaadu 'alayna bikathuratil 'ilmi wal murqaba wal khashiyyata
waz-zuhda wa 'uluwal himmat (Anakku jika kamu harus duduk bersama
orang-orang sufi, karena mereka adalah mata air ilmu dan mereka tetap
mengingat Allah dalam hati mereka. Mereka orang-orang zuhud dan mereka
memiliki kekuatan spiritual yang tertinggi," --Tanwir al-Qulub, p. 405,
Shaikh Amin al-Kurdi)
Imam Ahmad (r) tentang Sufi:"Aku tidak melihat orang yang lebih baik dari
mereka" ( Ghiza al-Albab, vol. 1, p. 120)

Imam al-Muhasibi (d. 243 H./857 CE)
Imam al-Muhasibi meriwayatkan dari Rasul, "Umatku akan terpecah menjadi 73
golongan dan hanya satu yang akan menjadi kelompok yang selamat" . Dan Allah
yang lebih mengetahui bahwa itu adalah Golongan orang tasauf. Dia
menjelaskan dengan mendalam dalam Kitab al-Wasiya p. 27-32.

Imam al-Qushayri (d. 465 H./1072 CE)
Imam al-Qushayri tentang Tasauf: "Allah membuat golongan ini yang terbaik
dari wali-wali-Nya dan Dia mengangkat mereka di atas seluruh hamba-hamba-Nya
sesudah para Rasul dan Nabi, dan Dia memberi hati mereka rahasia Kehadiran
Ilahi-Nya dan Dia memilih mereka diantara umat-Nya yang menerima cahaya-Nya.
Mereka adalah sarana kemanusiaan, Mereka menyucikan diri dari segala
hubungan dengan dunia dan Dia mengangkat mereka ke kedudukan tertinggi dalam
penampakan (kasyf). Dan Dia membuka kepada mereka Kenyataan akan
Keesaan-Nya. Dia membuat mereka untuk melihat kehendak-Nya mengendalikan
diri mereka. Dia membuat mereka bersinar dalam wujud-Nya dan menampakkan
mereka sebagai cahaya dan cahaya-Nya ." [ar-Risalat al-Qushayriyya, p. 2]

Imam Ghazali (450-505 H./1058-1111 CE)
Imam Ghazali, hujjat ul-Islam, tentang tasauf: "Saya tahu dengan benar bahwa
para Sufi adalah para pencari jalan Allah, dan bahwa mereka melakukan yang
terbaik, dan jalan mereka adalah jalan terbaik, dan akhlak mereka paling
suci. Mereka membersihkan hati mereka dari selain Allah dan mereka
menjadikan mereka sebagai jalan bagi sungai untuk mengalirnya kehadiran
Ilahi [al-Munqidh min ad-dalal, p. 131].

Imam Nawawi (620-676 H./1223-1278 CE)
Dalam suratnya al-Maqasid: "Ciri jalan sufi ada 5:
   1. menjaga kehadiran Allah dalam hati pada waktu ramai dan sendiri
   2. mengikuti Sunah Rasul dengan perbuatan dan kata
   3. menghindari ketergantungan kepada orang lain
   4. bersyukur pada pemberian Allah meski sedikit
   5. selalu merujuk masalah kepada Allah swt [Maqasid at-Tawhid, p. 20]

Imam Fakhr ad-Din ar-Razi (544-606 H./1149-1209 CE)
Imam Fakhr ad-Din ar-Razi: "Jalan para sufi adalah mencari ilmu untuk
memutuskan diri mereka dari kehidupan dunia dan menjaga diri mereka agar
selalu sibuk dalam pikiran dan hati mereka dengan mengingat Allah, pada
seluruh tindakan dan perilaku" ." [Ictiqadat Furaq al-Musliman, p. 72, 73]

Ibn Khaldun (733-808 H./1332-1406 CE)
Ibn Khaldun: "Jalan sufi adalah jalan salaf, ulama-ulama di antara Sahabat,
Tabi'een, and Tabi' at-Tabi'een. Asalnya adalah beribadah kepada Allah dan
meninggalkan perhiasan dan kesenangan dunia" [Muqaddimat ibn Khaldan, p.
328]

Tajuddin as-Subki
Mu'eed an-Na'eem, p. 190, dalam tasauf: "Semoga Allah memuji mereka dan
memberi salam kepada mereka dan menjadikan kita bersama mereka di dalam
sorga. Banyak hal yang telah dikatakan tentang mereka dan terlalu banyak
orang-orang bodoh yang mengatakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan
mereka. Dan yang benar adalah bahwa mereka meninggalkan dunia dan
menyibukkan diri dengan ibadah"
Dia berkata: "Mereka dalah manusia-manusia yang dekat dengan Allah yang doa
dan shalatnya diterima Allah, dan melalui mereka Allah membantu manusia.

Jalaluddin as-Suyuti
Dalam Ta'yad al-haqiqat al-'Aliyya, p. 57: "tasauf dalam diri mereka adalah
ilmu yang paling baik dan terpuji. Dia menjelaskan bagaimana mengikuti Sunah
Nabi dan meninggalkan bid'ah"

Ibn Taymiyya (661-728 H./1263-1328 CE)
Majmaca Fatawa Ibn Taymiyya, Dar ar-Rahmat, Cairo, Vol, 11, page 497, Kitab
Tasawwuf: "Kamu harus tahu bahwa syaikh-syaikh terbimbing harus diambil
sebagai petunjuk dan contoh dalam agama, karena mereka mengikuti jejak Para
Nabi dan Rasul. Tariqat para syaikh itu adalah untuk menyeru manusia ke
Kehadiran Allah dan ketaatan kepada Nabi."
Juga dalam hal 499: "Para syaikh dimana kita perlu mengambil sebagai
pembimbing adalah teladan kita dan kita harus mengikuti mereka. Karena
ketika kita dalam Haji, kita memerlukan petunjuk (dalal) untuk mencapai Ka'
bah, para syaikh ini adalah petunjuk kita (dalal) menuju Allah dan Nabi
kita.
Di antara para syaikh yang dia sebut adalah: Ibrahim ibn Adham, Macruf
al-Karkhi, Hasan al-Basri, Rabia al-Adawiyya, Junaid ibn Muhammad, Shaikh
Abdul Qadir Jilani, Shaikh Ahmad ar-Rafa'i, and Shaikh Bayazid al- Bistami.
Ibn Taymiyya mengutip Bayazid al-Bistami pada 510, Volume 10: "...Syaikh
besar, Bayazid al-Bistami, dan kisah yang terkenal ketika dia menyaksikan
Tuhan dalam kasyf dan dia berkata kepada Dia:" Ya Allah, bagaimana jalan
menuju Engkau?". Dan Allah menjawab: "Tinggalkan dirimu dan datanglah
kepada-Ku". Ibn Taymiah melanjutakan kutipan Bayazid al-Bistami, " Saya
keluar dari diriku seperti seekor ular keluar dari kulitnya".
Implisit dari kutipan ini adalah sebuah indikasi tentang perlunya zuhd
(pengingkaran-diri atau pengingkaran terhadap kehidupan dunia), seperti
jalan yang diikuti Bayazid al-Bistami.
Kita melihat dari kutipan di atas bahwa Ibn Taymiah menerima banyak Syaikh
dengan mengutipnya dan meminta orang untuk mengikuti bimbingannya untuk
menunjukkan cara menaati Allah dan Rasul saas.

Apa kata Ibn Taymiah tentang istilah tasauf
Berikut adalah pendapat Ibn Tamiah tentang definisi Tasauf dari  Volume 11,
At-Tasawwuf, of Majmu'a Fatawa Ibn Taymiyya al-Kubra, Dar ar-Rahmah, Cairo:
    "Alhamdulillah, penggunaan kata tasauf telah didiskusikan secara
mendalam. Ini adalah istilah yang diberikan kepada hal yang berhubungan
dengan cabang ilmu (tazkiyat an-nafs and Ihsan)."
    "Tasauf adalah ilmu tentang kenyataan dan keadaan dari pengalaman. Sufi
adalah orang yang menyucikan dirinya dari segala sesuatu yang menjauhkan
dari mengingat Allah dan orang yang mengisi dirinya dengan ilmu hati dan
ilmu pikiran di mana harga emas dan batu adalah sama saja baginya. Tasauf
menjaga makna-makna yang tinggi dan meninggalkan mencari ketenaran dan
egoisme untuk meraih keadaan yang penuh dengan Kebenaran. Manusia terbaik
sesudah Nabi adalah Shidiqin, sebagaimana disebutkan Allah: "Dan barangsiapa
yang menta'ati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan
orang-orang yang dianugerahi ni'mat oleh Allah, yaitu: Nabi, para
shiddiqqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka
itulah teman yang sebaik-baiknya. (QS. 4:69)" Dia melanjutkan mengenai
Sufi,"mereka berusaha untuk menaati Allah.. Sehingga dari mereka kamu akan
mendapati mereka merupakan yang terdepan (sabiqunas-sabiqun) karena usaha
mereka. Dan sebagian dari merupakan golongan kanan (ashabus-syimal)."

Imam Ibn Qayyim (d. 751 H./1350 CE)
Imam Ibn Qayyim menyatakan bahwa, "Kita menyasikan kebesaran orang-orang
tasauf dalam pandangan salaf bagaimana yang telah disebut oleh by Sufyan
ath-Thawri (d. 161 H./777 CE). Salah satu imam terbesar abad kedua dan salah
satu mujtahid terkemuka, dia berkata: "Jika tidak karena Abu Hisham as-Sufi
(d. 115 H./733 CE) saya tidak pernah mengenal bentuk munafik yang kecil
(riya') dalam diri (Manazil as-Sa'ireen)
Lanjut Ibn Qayyim:"Diantara orang terbaik adalah Sufi yang mempelajari fiqh"

'Abdullah ibn Muhammad ibn 'Abdul Wahhab (1115-1201 H./1703-1787 CE)
Dari Mu ammad Man ar Nu'mani's book (p. 85), Ad- ia'at al-Mukaththafa Didd
ash-Shaikh Mu ammad ibn c'Abdul Wahhab: "Shaikh 'Abdullah, anak shaikh
Muhammad ibn 'Abdul Wahhab, mengatakan mengenai Tasawwuf: 'Anakku dan saya
tidak pernah menolak atau mengkritik ilmu tasauf, tetapi sebaliknya kami
mendukungnya karena ia menyucikan baik lahir maupun batin dari dosa
tersembunyi yang berhubungan dengan hati dan bentuk batin. Meskipun
seseorang mungkin secara lahir benar, secara batin mungkin salah; dan untuk
memperbaikinya tasauf diperlukan."
Dalam volume 5 dari Muhammad ibn 'Abdul Wahhab entitled ar-Rasa'il
ash-Shakhsiyya, hal 11, serta hal. 12, 61, and 64 dia menyatakan: "Saya
tidak pernah menuduh kafir Ibn 'Arabi atau Ibn al-Fari karena interpretasi
sufinya"

Ibn 'Abidin
Ulama besar, Ibn 'Abidin dalam Rasa'il Ibn cAbidin (p. 172-173) menyatakan:
" Para pencari jalan ini tidak mendengar kecuali Kehadiran Ilahi dan mereka
tidak mencintai selain Dia. Jika mereka mengingat Dia mereka menangis. Jika
mereka memikirkan Dia mereka bahagia. Jika mereka menemukan Dia mereka
sadar. Jika mereka melihat Dia mereka akan tenang. Jika mereka berjalan
dalan Kehadiran Ilahi, mereka menjadi lembut. Mereka mabuk dengan
Rahmat-Nya. Semoga Allah merahmati mereka". [Majallat al-Muslim, 6th ed.,
1378 H, p. 24].

Shaikh Rashad Rida
Dia berkata,"tasauf adalah salah satu pilar dari pilar-pilar agama.
Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dan mempertanggungjawabkan perilaku
sehari-hari dan untuk menaikan manusia menuju maqam spiritual yang tinggi"
[Majallat al-Manar, 1st year, p. 726].

Maulana Abul Hasan 'Ali an-Nadwi
Maulana Abul Hasan 'Ali an-Nadwi anggota the Islamic-Arabic Society of India
and Muslim countries. Dalam, Muslims in India, , p. 140-146, "Para sufi ini
memberi inisiasi (baiat) pada manusia ke dalam keesaan Allah dan keikhlasan
dalam mengikuti Sunah Nabi dan dalam menyesali kesalahan dan dalam
menghindari setiap ma'siat kepada Allah SWT. Petunjuk mereka merangsang
orang-orang untuk berpindah ke jalan kecintaan penuh kepada Allah"
    "Di Calcutta, India, lebih dari 1000 orang mengambil inisiasi (baiat) ke
dalam Tasauf"
    "Kita bersyukur atas pengaruh orang-orang sufi, ribuan dan ratusan ribu
orang di India menemukan Tuham merka dan meraih kondisi kesempurnaan melalui
Islam"

Abul 'Ala Mawdudi
Dalam Mabadi' al-Islam (p. 17), "Tasauf adalah kenyataan yang tandanya
adalah cinta kepada Allah dan Rasul saw, di mana sesorang meniadakan diri
mereka karena tujuan mereka (Cinta), dan seseorang meniadakan dari segala
sesuatu selain cinta Allah dan Rasul"
    "Tasauf mencari ketulusan hati, menyucikan niat dan kebenaran untuk taat
dalam seluruh perbuatannya."

Ringkasnya, tasauf, dahulu maupun sekarang, adalah sarana efektif untuk
menyebarkan kebenaran Islam, memperluas ilmu dan pemahaman spiritual, dan
meningkatkan kebahagian dan kedamaian. Dengan itu manusia dapat menemukan
diri sendir dan, dengan demikian, menemukan Tuhannya. Dengan itu manusia
dapat meningkatkan, merubah dan menaikan diri sendiri dan mendapatkan
keselamatan dari kebodohan dunia dan dari godaan keindahan materi. Dan Allah
yang lebih mengetahui niat hamba-hamba-Nya.

====