Assalamu'alaikum

  Terima kasih Mas Mustofa, semoga Allah Ta'ala merahmati anda.

  1.  Di Tafsir Ibnu Katsir tidak dijelaskan siapa sahabat yang menikahi ahli
kitab maka dari itu saya tidak dapat menyebutkannya

  2.  Saya sangat setuju dgn mas Mustofa kalau ahli kitab itu orang kafir, oleh
karena orang yahudi adalah ahli kitab maka mereka kafir begitu pula nasrani,
sebagaimana penjelasan QS Al Bayyinah

  3.  Saya menyetujui seorang laki - laki muslim menikahi wanita ahli Kitab
karena berdasarkan nash yang shahih yaitu Al Qur'an.  Saya tidak mengahalalkan
apa yang diharamkan oleh Allah SWT dan juga tidak mengharamkan apa yang
dihalalkan oleh Allah Ta'ala. (Lihat QS Al Maa-idah ayat 5), begitu pula
sembelihan ahli kitab yang telah dihalalkan Allah Ta'ala untuk dimakan.
Meskipun demikian memilih istri yang muslimah lebih baik dibandingkan ahli
kitab.

  4. Orang musyrik berbeda dengan ahli kitab (lihat lagi QS Al Bayyinah) tetapi
keduanya adalah kafir sebagaimana penjelasan Allah Ta'ala.  Yang diharamkan
dinikahi adalah wanita musyrik bukan wanita ahli kitab (Coba lihat lagi Al
Baqarah 221)

  demikianlah penjelasan saya
  Abu Hasan - Husain/budi ari

  "Sesungguhnya orang - orang kafir dari golongan ahli kitab dan golongan
musyrikin ..."
  (QS Al Bayyinah)

[EMAIL PROTECTED] wrote:

wa'alikumussalam wr wb

Bisa kah menyebutkan nama2 sahabat2 itu?
Lalu alasannya apa menikah dgn ahlul kitab?

Kalau saya berkhusnudzhon andaikan ada sahabat yg menikahi ahlul kitab itu
kemungkinan besar muslimah2 saat itu masih sedikit. Tapi untuk sekarang
saya rasa sudah banyak yg siap dinikahi.
Untuk kondisi sekarang hendaknya perhatiakan ayat berikut, Allah berfirman:

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman.
Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dari wanita musyrik,
walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang
musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu'min lebih baik
dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka,
sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah
menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.
(QS 2:221).

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api
neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya
malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap
apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang
diperintahkan. (QS 66:6)

Sementara jika istri dari ahlulkitab=kafir, bisakah kita menjaga dari api
neraka sesuai ayat diatas? Sementara ayat diatas adalah printah Allah swt.

Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang
musyrik ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah
seburuk-buruk makhluk (QS 98:6).

Mengawini wanita Musyrikah adalah haram hukumnya menurut nash Al-Quran,
Allah swt berfirman:

....Dan janganlah kamu tetap berpegang pada tali (perkawinan) dengan
perempuan-perempuan kafir.(Al-Mumtahanah;10).

Pendapat Ibnu Umar ra mengatakan mengawini wanita ahli kitab tidak boleh,
dan Bukhari meriwayatkan dari beliau ketika ditanya tentang hukum mengawini
wanita Yahudi dan Nasrani, beliau menjawab: Sesungguhnya Allah telah
mengaharamkan kaum mukminin mengawini wanita musyrik, berdasarkan pada
firman Allah swt:

"Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman.
Sesungguhnya wanita budak yang beriman lebih baik daripada wanita musyrik,
walaupun dia menarik hatimu?..".(Al-Baqarah;221).

Untuk selanjutnya Ibnu Abbas (lihat s. At-Taubah 29), dimana Allah menyuruh
kita memerangi ahli kitab sampai mereka membayar Jizyah dan patuh serta
tunduk. Maka Ibnu Abbas mengatakan barang siapa yang membayar Jizyah, maka
halal mengawininya, apabila tidak mau membayar Jizyah, maka tidak halal
mengawininya.

Lalu bagaimana kesimpulannya?

Memang menikahi non muslimah itu boleh, namun?.. mengawini muslimah adalah
lebih patut dan lebih utama dari berbagai pandangan apapun.

Islam tidak memandang hanya cukup sekedar kawin dengan muslimah yang
komitmen dengan agamanya, karena dia lebih berkeinginan untuk memperoleh
ridho Allah swt, lebih menjaga hak-hak suami, dan lebih menjaga sedapat
mungkin dirinya, hartanya dan anak-anaknya. Islam telah mengokohkan arti
sebuah perkawinan, dengan hukun-hukum yang dtelah ditetapkannya, demi
menuju tanggung jawab dan menjadikan manusia yang bermartabat tinggi,
sehubungan dengan ini Rasulullah saw bersabda:

"Maka pilihlah wanita yang konsisten pada agamanya, niscaya beruntung"(HR.
Bukhari).

Namun jika nekad banget dgn alasan pria boleh menikah dgn ahlul kitab, maka
perhatikanlah syarat2nya:

Khilafah Islamiyyah sebagai Syarat

Yusuf Qaradhawi, sebagaimana Sayyid Quthb, mengemukakan, pembolehan Allah
itu terkait dengan konteks keberadaan ummat Islam ketika itu yang sudah
berada dalam sistem Khilafah Islamiyyah, di mana stuktur sosial budayanya
sudah betul-betul terwarnai oleh nilai-nilai Islam secara kaffah. Demikian
pula dengan hukum yang berlaku yakni supremasi hukum Allah Swt. Sehingga
kalau pun terjadi pernikahan dengan kalangan Ahlul Kitab, mereka akan tetap
berada dalam pengaruh warna Islam dalam segala aspek kehidupannya.

Penjelasan itu diperkuat dengan bunyi kalimat di awal ayat yakni al-yauma
yang artinya `pada hari ini'. Penyertaan kalimat itu bukan tanpa maksud,
melainkan ada tujuannya. Yakni untuk menegaskan situasi dan konteks
turunnya ayat bahwa pada saat itu kondisi masyarakat Islam sudah sangat
kuat.

Selain itu, status ayat ini juga tidak boleh dilupakan. Qaradhawi
mengatakan hukum mudah atau halal dalam ayat ini statusnya adalah sebagai
hukum asal yang sifatnya global. Dengan demikian jika ayat itu akan
diterapkan maka harus merujuk pada keterangan konteksnya yang bersifat
khusus seperti dijelaskan di atas.

Tafsir Integral

Hukum menikahi wanita Ahlul Kitab, sebagai masalah fiqih mengambil sumber
dari al-Quran dan Sunnah. Dan untuk memahami penetapan hukum itu, para
ulama merujuk pada tafsir. Namun ketika menafsirkan ayat ini, kebanyakan
lebih dominan menggunakan pendekatan yang disebut fiqhul ahkam, yakni
memahami ayat semata-mata dari sudut pandang hukum.

Padahal dalam menetapkan suatu hukum dalam ilmu tafsir berlaku juga
pendekatan yang disebut fiqhul adabil ijtima'i, yakni memahami ayat dari
sudut pandang budaya dan sosial, termasuk di dalamnya fiqhud da'wah, fiqhud
daulah dan fiqhus siyasah. Pendekatan fiqhul ahkam bukan segala-galanya
karena tidak semua yang boleh itu bisa dilakukan mentah-mentah begitu saja
tanpa melihat kondisinya. Contohnya poligami. Hukumnya asalnya halal, tapi
bisa menjadi haram kalau terjadi kezaliman atau dosa.

Demikian pula halnya dengan menikahi Ahlul Kitab. Qaradhawi, mengemukakan
dari sudut pandang pendekatan ini, bahwa hal itu harus dicegah untuk
menghindari berbagai mafsadah (kerusakan) dan madharat (bahaya) bagi kaum
muslimin. Pandangan yang didasarkan oleh tafsir dengan pendekatan kritis
itu dikemukakan dengan sejumlah persyaratan.

Pertama, wanita Ahlul Kitab yang dimaksud al-Qur'an adalah yang secara
garis besar betul-betul mau beriman kepada Allah, kerasulan Nabi Muhammad,
bukan yang atheis atau agnostis (tidak peduli agama) sebagaimana kebanyakan
mereka.

Kedua, mereka menjaga kehormatannya (al-muhshanaatu) sesuai dengan syarat
yang diminta al-Qur'an. Para mufassir mengartikan istilah itu sebagai
al-haraairu, wanita merdeka (bukan budak) dan wanita yang bersih dari
perbuatan zina. Konteksnya untuk saat ini adalah wanita yang menjaga
kesucian diri dan auratnya. Tapi faktanya sekarang sudah jarang sekali
ditemukan yang seperti itu. Umumnya gaya hidup mereka adalah yang sudah
bebas nilai. Jangankan menutup aurat, keperawanan saja sudah banyak yang
dibuang-buang.

Ketiga, syarat wanita Ahlul Kitab yang dikehendaki al-Qur'an adalah yang
termasuk kategori dzimmiyyah, yakni yang tunduk dalam naungan kekuasaan dan
masyarakat Islam, bukan yang harbiyyah (memusuhi ummat Islam). Qaradhawi
mengutip pendapat Ibnu Abas yang membedakan dua macam wanita Ahlul Kitab
dan mengharamkan yang berasal dari harbiyyah.

Abu Bakar ar-Razi al-Hanafi cenderung menguatkan pendapat itu dengan
mengemukakan firman Allah, "Kamu tidak akan mendapati suatu kaum yang
beriman kepada Allah dan hari akhir saling berkasih sayang dengan
orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya" (Al-Mujadilah: 22).

Pendapat serupa diriwayatkan pula oleh Imam Syafi'i dan Ali bin Abi Thalib.
Intinya adalah, Ahli Kitab yang menjadi penduduk darul Islam berbeda dengan
yang bukan penduduk darul Islam. Yang boleh dinikahi adalah yang pertama.

Kenyataannya sekarang, dimana ada Yahudi dan Nasrani yang tidak memusuhi
Islam dan ummatnya? Faktanya di berbagai negeri muslim mereka melakukan
penindasan dan atau memurtadkan kaum Muslimin dengan program kristenisasi
global mereka.

Dimana pula ada wilayah yang Islam berkuasa secara semestinya dan
menundukkan Ahlul Kitab? Faktanya, mayoritas kaum Muslimin hidup di bawah
sistem negara sekuler. Mereka lemah dan tidak punya kekuasaan yang berarti
karena pemimpinnya, undang-undangnya, sistem sosialnya dan lain-lain bukan
berasal dari Allah.

Keempat, syarat untuk perkara yang mubah adalah tidak boleh menimbulkan
fitnah, kerugian dan bahaya baik buat diri sendiri (dhiraara) maupun orang
lain (dharara). Perkawinan dengan Ahlul Kitab, menurut Qaradhawi bisa
menimbulkan madharat.

Antara lain munculnya kebiasaan kawin campur (beda agama), karena
perkawinan itu menjadi preseden (contoh) buruk bagi masyarakat, sehingga
mereka mengabaikan pertimbangan agama. Akibatnya para muslimah banyak yang
terhambat peluang jodohnya.

Inilah yang pernah diwasiatkan oleh Umar bin Khaththab. Diriwayatkan oleh
Imam Muhammad bin Al-Hasan dalam kitabnya al-Atsar, ketika sampai berita
kepada Umar tentang pernikahan Shahabat besar Huzhaifah Al-Yamani dengan
wanita Yahudi di Madain, ia mengirim surat yang memintanya menceraikan
wanita itu.

"Aku khawatir langkahmu akan diikuti oleh kaum Muslimin sehingga mereka
memilih kawin dengan ahli dzimmah karena cantiknya, hal itu cukup menjadi
fitnah bagi wanita Muslimah," tulis Umar. Hal yang sama dilakukannya
terhadap Thalhah bin Ubaidilllah. Padahal wanita yang dinikahi adalah anak
seorang pembesar Yahudi.

Larangan serupa pernah pula dilakukan oleh shahabat terkemuka Ibnu Umar
dengan mengatakan, "Saya tidak mengetahui suatu kemusyrikan yang lebih
besar daripada orang yang mengatakan bahwa tuhannya adalah Isa."

Mengapa Allah Membolehkan?

Tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan ini secara pasti. Wallahua'lam
bishawab. Tapi ada beberapa hikmah yang bisa dipetik.

Pertama, Allah ingin menunjukkan bahwa tauhid adalah sesuatu yang paling
utama. Sehingga agama yang masih memiliki hubungan tauhid walau cuma secara
historis, diberi tempat khusus. Sebaliknya yang tidak memiliki asal tauhid
tegas-tegas dilarang untuk menjalin ikatan perkawinan.

Kedua, ketentuan itu sebetulnya hanya bertujuan untuk sekedar menunjukkan
toleransi dalam rangka menarik kembali Ahlul Kitab kepada tauhid yang
murni. Buktinya pembolehan itu tidak berlaku bagi wanita Muslimah untuk
menikah dengan laki-laki mereka. Ini pemahaman yang paling otentik jika
dilihat dari sikap al-Qur'an secara keseluruhan terhadap Ahlul Kitab yang
mencap mereka sebagai kaum kafir.

Artinya ayat ini bukan untuk menjadikan nikah beda agama sebagai budaya
karena bertentangan dengan semangat Islam yang menjadikan perkawinan
sebagai sarana untuk iqomatisyari'atillah (menegakkan syari'at Allah) yang
salah satu maksudnya (maqashidusysyari'ah) adalah untuk menjaga agama Islam
(hifzuddin). Apalagi hal ini juga hampir jarang terjadi dan tidak populer
di kalangan ulama dan ummat Islam sejak dulu.

Ketiga, ayat ini justru menunjukkan bahwa menikah dengan Muslimah adalah
lebih prioritas karena kalimat sebelum pembolehan nikah campur adalah
menikah dengan wanita mu'min yang menjaga kehormatannya. Itu menunjukkan
bahwa masalah ini porsinya sangat kecil dan tidak terlalu penting dalam
Islam.

Keempat, masalah ini erat kaitannya dengan keimanan karena ayat ini ditutup
dengan ancaman bagi yang keluar dari rel iman. Artinya, dalam pernikahan,
yang pertama harus diperhatikan sebelum ikatan dengan manusia adalah ikatan
dengan Allah.

Wassalam

                    Ku HanyaOrangBiasa

                    <kuhanyaorangbiasa@        To:     Media Dakwah

                    yahoo.com>                 <media-dakwah@yahoogroups.com>

                    Sent by:                   cc:

                    [EMAIL PROTECTED]        Subject:     Re: [media-dakwah]
Ahli Kitab hari
                    roups.com                  ini masih ada !

                    01/04/2006 02:44 PM

  Assalamu'alikum,

  Saudaraku semua, semoga antum semua dirahmati Allah Ta'ala, biar adil
sebaiknya kita melihat penafsiran Abu Fida' Ibnu Katsir tentang QS Al
Maai-dah ayat 5 yang mana dijelaskan (pada Tafsir Ibnu Katsir tersebut)
bahwa ada sahabat - sahabat Nabi SAW yang menikah dengan Ahli Kitab.

  Monggo silahkan dibaca kitab tafsirnya, kalau tidak punya bisa dibaca di
toko buku agama, gratis kok. (saya juga ndak punya, tapi minjem sama temen)

  Semoga Bermanfaat
  Barakallahu fiikum

Abu Muhammad Taqy Abdul Jabbar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
        Kemana aja akh Abu Muhammad baru nongol?
> [...]

  Begini akhi, biar tidak salah persepsi, ana nanya itu...bukan ngetest
koq?
  Sungguh...ana memang sedang mencari penjelasan tentang masalah ahli kitab
ini sampai tuntas.
  Dan yang ana pahami baru sebatas itu bahwa sudah tidak ada lagi ahli
kitab.
  Silahkan antum posting
darimana? Kan udah jelas... dari surat Nabi Shallallhu 'alaihi wa sallam
tersebut, dimana pada jaman itu kan Kitab-Kitab tersebut sudah ga murni
lagi. Kalo masih murni mah... tentunya para ahli kitab akan dengan sangat
mudah menerima ajakan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ya nggak? :-)

  Setelah ana tahu dari akhi Ku Hanya Orang Biasa maka sudah sepantasnya
kita yang sedang tholabul 'ilmi termasuk ana yang mengaku merujuk kepada
salafush shalih selalu lebih mengedepankan perkataan atau penafsiran mereka
salafush shalih. Bukankah begitu manhaj salaf dalam memahami dienul Islam
ini? CMIIW!!!
  Apakah kita termasuk orang yang sudah layak menafsirkan hadits secara
langsung termasuk Ustadz Abdul Hakim Abdat?
  Apakah Ibnu Taimiyyah juga menafsirkan begitu, juga Ibnu Hajar al
Asqolani (Ibnu Katsir), ibnul Mubarok dan ulama ahlussunnah lain telah
menyepakati penafsirannya seperti ana sebagai tholabul 'ilm berhak bertanya
bukan?

  Ana lebih penasaran dari antum...afwan jangan su'udzon dulu ya...
deh kalo ada.

  Tapi kalo sudah suudzon dulu yah tidak usah digubris pertanyaan
ana...dicuekin aja tidak usah menjawab.
  Tapi ana jadi punya kesan lain lagi dengan jawaban antum itu?

  Afwan lebih baik konsentrasikan saja membahas masalah Ahli kitab ini
dengan "HAQ"...saya akan bersyukur sekali jika kita semua bisa menutup
sikap ta'ashub terhadap kelompok ustadz fulan...atau ustadz fulan yang
lain.
  Lebih baik kita kedepankan etika ilmiyyahnya saja. Yang kita tekankan
bukan ustadznya khan? tapi Allah dan Rosul-Nya dengan pemahaman salafush
shalih.
diikuti... jangan cuma karena orang merujuk tulisan ustadz fulan dan fulan,
lalu antum langsung meremehkan. Lha wong antum saja menafsirkan tidak ada
lagi ahli kitab tanpa dalil... kok orang yang berdalil di cemoohkan.

  Tetapi kalo ngotot mau "berantem" JAPRI aja deh ndak usah bawa yang lain,
OK???!!!
ngajakin berantem, apa ga bisa dihilangkan kata2 "berantem" akhi... ana
udah biasa secara fisik sih di jalanan... sekarang aja lagi latihan dengan
tulisan...udah bosen...

  Ana cuman nuntut asbabul wurudnya malah jadi begini tanggapannya...??

      KuHanyaOrangBiasa

  MURNIKAN TAUHID, TEGAKAN SUNNAH

  Dari Abu Dzar ra., Rasulullah SAW bersabda, "Jibril berkata kepadaku,
'Barangsiapa diantara umatmu yang meninggal dunia dalam keadaan tidak
menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka pasti dia masuk surga'" (HR.
Bukhari - Muslim) [Hadits ini terdapat pada Kitab Shahih Bukhari dan Kitab
Riyadush Shalihin]