betul mas indra, shalat itu masuk akal bila dihubungkan dengan olah
raga dan bagi orang2 yg berfikiran jernih. tapi..jadi tidak masuk
akal bila sudah diterima oleh orang2 yg tidak menggunakan akal
pikirnya secara maksimal dan jadi tidak masuk akal bila diterima oleh
orang2 diluar islam dan orang2 jahil:)

tapi..apa jumroh juga masuk akal bagi orang2 kebanyakan..?? atau
mencium azwar aswad..??bisakah diterima akal oleh orang2 yg tidak
mempunyai keyakinan akan keimanan.??

kita tidak sedang bicara antara pemahaman mas indra dengan pemaham
ku, yg mungkin memiliki banyak "kesamaan" pemikiran, tapi kita bicara
masalah general dan kebanyakan.
karena spt yg aku bilang..tidak semua manusia mempunyai pemikiran dan
pemahaman yg sama, dan tidak semua manusia menggunakan akal pikirnya
secara maksimal.

dan yg sedang kita bahas adalah, bagaimana mereka bisa mengkritisi
kesalahan2 ajaran tasawuf, bila mereka tidak mempunyai dasar yg benar
ttg syariat islam.
dan bagaimana mereka bisa mengkritisi tetang hamburan neutron dan
pengaruh radiasi gamma bila mereka tidak mempunyai dasar ilmu tsb??
apakah orang ekonomi bisa mengkritisi ttg hamburan neutron.????

hmm..kesalahan dalam mempelajari ilmu dunia, hukumnya hanya sampai di
dunia, tapi kesalahan dalam mempelajari ilmu agama, jatuh hukumnya
bisa sampai akhirat.:) gitu maksud pembahasan kita ini mas..
karena masalah ibadah2 kepada Allah,tetap saja kita harus mengacu
pada Rasulullah, dan tidak sembarang orang yg mampu memberikan
pembelajaran itu, tapi..ilmu dunia bisa kita dapatkan oleh semua
orang yg memang ahli di bidang tsb.

karena yg mengerti ilmu agama, juga belum tentu bisa mengamalkannya
atau mampu mengamalkan secara benar, tapi yg mengerti ilmu akademis,
kemungkinan besar akan benar mengamalkannya:)

oh iya..aku hana (mba, teteh, ibu, etc) bukan (mas, abang, bpk)

mohon maaf bila, mungkin email yg ditujukan kepadaku belum bisa aku
balas hingga minggu depan:)aku pamit pada semua members ya..?mau cuti
seminggu dulu:)mohon maaf bila ada khilaf dan salahku.:)

salam:)
hana

--- In media-dakwah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
konsisten
> sekali dengan "tasbih bumi" yang berotasi dari barat ketimur
juga ?!?!?!
> Dan tasbih benda2 langit lainnya kesemuanya melingkar berthawaf
dalam sumbu
> revolusinya masing2.
>
> Masuk akal juga kalo kemudian bahkan malaikat2 pun berthawaf
mengelilingni
> Arsynya Allah, dan segenap mahluk dan benda benda di langit dan di
bumi
> pada hakikatnya adalah berthawaf juga mengelilingi Arsy-nya Allah
SWT.

> [...]
>
> Nah apa jadinya kalo sholat tidak dilaksanakan ?!?!?!  Berarti kita
> mengingkari sendiri tasbih yang dilakukan partikel2 sub atomik
dalam tubuh
> kita alias "tersesat".
>
> Sangat logis sekali kalo orang yang tidak sholat itu tersesat,
karena dia
> sesungguhnya telah mengingkari gerak elemen dasarnya sendiri.
>
> Masuk akal juga kalo kemudian ada yang menyatakan bahwa shalat itu
> menyehatkan ........
>
> Wallahu'alam
>

>                     "suhana032003"

>                     <[EMAIL PROTECTED]        To:     media-
cc:

>                     Sent by:                  Subject:     [media-
dakwah] Re: Syeikh Siti Jenar
>                     media-
[EMAIL PROTECTED]

groups.com

>                     13/01/2006
15:18

> [...]
> biasa nyanyi di kamar is ok tuch, buang2 energi aja pake jalan dulu
> ke gereja." or.
>
> "ngapain lo..minta2 kaya sama yesus or minta2 tolong sama yesus?yg
> gue tahu yesus aja kaga pake baju (miskin) dan yg gue tahu, katanya
> yesus di salib, gimana mau nolongin elo, nolongin dirinya aja kaga
> mampu.."
>
> yup..!! sesuatu yg tidak masuk akal bagi kebanyakan orang dan akan
> jadi masuk akal bagi kita yg bisa menggunakan akal dan pikiran kita
> secara maksimal:) cara berpikir orang2 sains berbeda dengan cara

mentakwilkan
> dan
> oleh
> mematuhi