Waalaikumsalam,

Ada beberapa pendapat untuk hal ini, tapi salah satu pendapat yg kuat (maaf
saya lupa haditsnya) kira-kira "Ikutilah gerakan imam", karena disini posisi
kita sebagai makmum.
Bahkan ada riwayat yg mengatakan bahwa Jibril menahan rukuk Rasulullah untuk
memberikan kesempatan kepada Ali bin Abi Thalib agar bisa mengikuti shalat
shubuh berjamaah.
Jazakumullah.