bismillahirrahmanirrahim,

mas danny saya sangat tidak setuju jika kecerdasan seseorang dijadikan
legalitas untuk setiap perbuatannya, apalagi jika hasil karya seseorang
dijadikan referensi untuk menguji hukum dan aqidah.

hasil karya seseorang tidak boleh diagung-agungkan karena justru hal itu
akan membuat kita takjub dan melupakan agama. di zaman khalifah dahulu saat
khalid bin walid menjadi panglima perang umat muslim, hampir semua negeri yg
diperangi selalu jatuh ke tangan Islam. oleh karena itu semua rakyat
mengelu-elukan khalid bin walid. tapi umar bin khatab kemudian memanggil
khalid bin walid untuk menghadap, dan setelah itu umar bin khatab
menggantikan jabatan panglima perang dengan sahabat nabi yang lain, padahal
sahabat nabi yg ini tidak semahir khalid bin walid. banyak umat islam pada
waktu itu yg bertanya2 kenapa khalid bin walid diganti, kemudian khalid bin
walid menyampaikan bahwa penggantian tersebut semata-mata dilakukan agar
umat islam tidak lupa kepada Allah SWT, karena bagaimanapun juga kemenangan
umat islam bukan ditentukan oleh seorang khalid bin walid, melainkan Allah
lah yg telah menetapkan kemenangan bagi umat islam. selanjutnya dengan
panglima perang yg baru, umat Islam tetap mendapatkan kemenangan. bahkan
sosok khalid bin walid yg ex-panglima perang masih mau bertempur dibarisan
prajurit dan mengikuti instruksi panglima perang yg baru.

inilah cermin masyarakat indonesia sekarang yg bertolak belakang kehidupan
zaman nabi, karena reputasi seseorang kita berpikir bahwa tindakan mereka
adalah sebuah kebenaran dan tidak bisa disalahkan. bahkan argumen-argumen yg
mereka sampaikan bisa menutupi hakikat Islam yg sesungguhnya. padahal
tindak-tanduk mereka jelas-jelas menginjak-injak kemulian tuhan.

dan yg kedua, saya sama sekali bingung dengan pilihan yg anda sampaikan.

"O ya bagaimana ya bila ada situasi :
Muslim bergelar Haji tapi Koruptor dan Nasrani tapi membawa kedamaian dan
kejujuran (spt Romo Mangun, yang rela hidup dan membangun daerah kumuh atau
romo Sandiawan yang kerap menolong para aktivis pro demokrasi)."

apakah saya harus memilih salah satu hal tersebut padahal tidak ada satupun
yg benar? hal ini sama dengan menggadaikan aqidah dengan keduniawian, eg:
menjadi musyrik karena sekotak mie rebus? dan jika itu yg mas denny maksud,
apakah keindahan duniawi bisa mengalahkan kenikmatan bebas dari api neraka?
silakan anda jawab.

jazakallah khairan katsira