Walaikumsalam,

Saya setuju dengan Pak Danny, jangan karena kesalahan orang lantas kita
menghubungkan bencana yg melanda umat dengan kesalahan si fulan. Allah SWT
lebih tau siapa yg pantas masuk surga-Nya. Malah saya khawatir opini seperti
ini nanti malah jadi fitnah, terlepas dari perangai Sultan, kita harus lebih
peduli dengan nasib umat yg menderita.

Secara kultural memang banyak budaya Indonesia yg masih berbau animisme,
bukan hanya di Yogya, mulai dari masyarakat pesisir pantai yg masih percaya
Nyi Roro Kidul sampai masyarakat kota yang pergi ke dukun demi kenaikan
pangkat. Dan saya menghimbau daripd kita mengungkit aib orang lain lebih
baik kita berdakwah mulai dari diri sendiri dan keluarga, dan bukankah orang
yg membuka aib itu sama seperti orang yg memakan bangkai saudaranya sendiri.

Jazakumullah.