Waalaikumsalam,

Ijinkanlah saya untuk menjawab lagi pertanyaan sebelumnya.
1. Mengukur kecepatan bumi tidak menggunakan alat khusus, yg dibutuhkan
adalah keahlian astronomi/perbintangan dan fisika. Allah Subhanahu wa Ta'ala
memberitakan bahwa penciptaan bintang-bintang itu ialah untuk penerang,
hiasan langit, penunjuk jalan, dan pelempar setan yang mencuri wahyu yang
sedang diucapkan di hadapan para malaikat.

Sebagaimana Dia firmankan :"Dan sungguh, Kami telah menghiasi langit yang
dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat
pelempar setan. "(QS. Al Mulk : 5).

Dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala
menciptakan bintang-bintang itu untuk tujuan sebagai hiasan langit, alat
pelempar setan, dan rambu-rambu jalan. Maka barangsiapa mempergunakannya
untuk selain tujuan itu, sungguh terjerumus ke dalam kesalahan, kehilangan
bagian akhiratnya, dan terbebani dengan satu hal yang tak diketahuinya.
(Perkataan dalam kitab Shahih Bukhari di atas adalah ucapan Qatadah
rahimahullah)

"Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang
itulah mereka (mendapat petunjuk)."(QS. An Nahl : 16).

Dan seiring perkembangan ilmu pengetahuan, maka banyak hal yg diketahui dari
pergerakan bintang-bintang, diantaranya adalah diketahuinya kecepatan rotasi
benda angkasa terhadap porosnya, dan terhadap benda langit lainnya. Juga
bisa diketahui jarak antar suatu benda angkasa dengan yg lain, kekuatan
gravitasinya. Hal inilah yg dijadikan pedoman ilmuwan jaman dahulu sebelum
NASA menguasasai angkasa dengan benda-benda berteknologi canggih.

2. Lama perjalan pesawat di bumi. Hal ini bisa dijelaskan melalui Teori
Relativitas dalam cabang Ilmu Fisika. Sebagaimana yg dijelaskan dalam email
saya sebelumya, bahwa sebuah benda memiliki daya tarik terhadap lainnya, yg
menyebabkan terjadinya susunan elektron-proton-neutron dalam sebuah atom.
dan seperti yg kita ketahui bahwa seluruh unsur di jagad raya ini tersusun
atas atom. hal tersebut menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik antara
matahari-bumi, bumi-bulan dan bumi-makhluknya. dan pertanyaan no 2 bisa
dijelaskan dengan dua prinsip tersebut, teori relativitas menguraikan bahwa
pergerakan kita dalam pesawat adalah relatif karena pesawat sendiri bergerak
terhadap bumi. selain bergerak kedepan, pesawat juga mengalami gerakan
kebawah searah dengan gravitasi bumi, hal ini lah yg menyebabkan bahwa
pergerakan pesawat ke arah jakarta atau ke arah surabaya sama2 memakan waktu
1 jam 10 menit, karena pergerakan pesawat adalah semu, karena pesawat
bergerak mengikuti permukaan bumi, bukan mengikuti jarak sesungguhnya. dan
Maha Suci Allah karena telah menyuruh bumi untuk menahan pesawat, karena
jika seandainya pesawat tidak mendapatkan gravitasi maka akan terbang ke
luar angkasa.

> Assalamu'alaikum
> Menambahkan pertanyaan Pa' Imam Syafei;
> Kalau bumi berputar kearah timur dan kalau saya naik pesawat dari Jakarta
> ke Surabaya menempuh perjalanan 1 jam 10 menit kemudian kembali ke Jakarta
> dengan pesawat yang sama dan kecepatan yang sama kenapa perjalan yang
> ditempuh sama padahal berlawanan arah dengan berangkatnya.
> Demikian, mohon pencerahan.
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
>
> Abu Dinnur
>

> "Imam Syafei" <[EMAIL PROTECTED]>
> Sent by: media-dakwah@yahoogroups.com
> 21/07/2006 08:32

> [...]

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/TXWolB/TM