Memang ironis, karena ternyata kebijakan pemerintah saya tdk cukup untuk
mensejahterakan rakyat. untuk biaya sekolah misalnya, walaupun ada BOS tapi
tetap saya terjadi pungutan di tiap sekolah. memang secara mekanisme
penggunaan BOS diawasi oleh masyarakat + pemerintah, tapi karena "pos
pendapatan" untuk "sekolah" dikurangi maka terjadilah pungutan tersebut. hal
ini juga terjadi di bidang yg lain dan sudah menjadi rahasia umum.
tp saya tetap berharap 3 hal:
1. pemerintah tetap mengeluarkan kebijakan yg berpihak pd kesejahteraan
rakyat & penggunaan bantuan dr pemerintah tetap transparan
2. para aparatur negara hendaknya sadar bahwa pekerjaan mereka bukan mahkota
yg harus dihormati oleh orang lain, justru sebaliknya pekerjaan mereka
adalah amanat dari rakyat dan akan diaudit oleh Tuhan. karena melayani
rakyat dengan sepenuh hati adalah konsekuensi dari pekerjaan tersebut
3. hadirnya seorang pemimpin yg bisa merombak seluruh birokrasi yg bobrok di
negara ini. karena walaupun pemerintah berkata A, pelaksana tugas dibawah
akan berkata B bahkan mungkin berkata Y atau Z.