Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Mohon maaf sebelumnya.
Ada seorang kerabat bertanya kepada saya. Sebenarnya bukan bertanya,
tapi memikirkan tentang suatu hal yaitu : Shalat Jumat. Tapi saya belum
mendapat pencerahan.

1. Apakah benar ada hadits yang mengatakan bahwa jika kita (esp. muslim)
tidak melaksanakan sholat Jumat 3 kali berturut-turut maka dia akan
*menjadi kafir* (atau *dianggap kafir*?) ?. Bagaimana derajat hadits
tersebut?

2. Kalau memang ada (dan shahih), kenapa untuk shalat wajib 5 waktu
tidak ada aturan seperti itu? Padahal shalat 5 waktu kan perintah ibadah
yang diterima oleh nabi a.s.w langsung di "hadapan" Allah. Sehingga yang
muncul adalah shalat Jumat lebih "wajib" sifatnya daripada shalat 5
waktu. Makanya kadang kita temui orang2 yang hanya shalat 1 kali dalam
sepekan yaitu shalat Jumat saja.

3. Di manakan perintah shalat Jumat itu diterima?  Apakah tersirat di
surah Al-Jumu'ah? Saya pernah membaca (lupa di mana), tentang pengertian
ayat yang dimaksud di surah Al-Jumu'ah tersebut, tidak merujuk pada
perintah shalat Jumat, tetapi perintah shalat secara keseluruhan. Mohon
penjelasan yang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Wassalamu 'alaikum.

-iwal-

nb : Masalah di atas mudah2an bukanlah masalah yang penting, maksudnya
kalaupun kami tidak memperoleh jawaban yang bisa membuka hati,
insyaAllah hal itu tidak akan mengganggu ibadah kami. (amin)

All new Yahoo! Mail "The new Interface is stunning in its simplicity and ease
of use." - PC Magazine
http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html