Berkunjung  5 hari ke kota sejarah Kejayaan Islam masa
lampau (Spanyol)

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakaatuhu.

Setahun lebih yang lalu, ketika kami pengurus Dharma
Wanita KBRI Kairo, tour ke Padang Pasir
Baharia(Mesir), selama tiga hari tiga malam,
sebelumnya saya tak ingin berangkat, tapi karena
didesak oleh ketua, saya ikut juga.

Apa alasan saya ketika itu, secara main-main saja
jawabnya:”Duh Bu, masak pergi tour ke Padang Pasir,
sekali-kali ke LN lah bu.., ke Padang pasir ngak kren
bu, yang kren itu ke LN?.

Apa jawab Penasehat Dharma Wanita saat itu(DCM KBRI,
Bpk Muzammil Basyuni).”Entar deh Rahima, kita
jalan-jalan ke Spanyol”.

Saya tersenyum saja, karena menganggap itu hanyalah
mimpi belaka. Darimana uang mau jalan-jalan sejauh itu
bu? Ibu Ketua menjawab, :”Yah…kita kumpulin uang dari
sekarang, dengan menggiatkan bisnis kita lagi lebih
dari semula”. Lagi-lagi saya hanya tersenyum
saja.(Serasa ngak mungkin saya bisa ke Spanyol itu).

Dua bulan yang lalu, Ibu ketua mengatakan sama
saya:”Rahima, InsyaAllah kita nantik Ramadhan, atau
habis lebaran kita jalan-jalan ke Spanyo, tapi jangan
bilang kesiapa-siapa dulu, simpan aja dulu rencana
ini, jangan ada sampai ada satu pengurus apalagi
anggota yang tau, karena waktu untuk ibu belum pasti,
apakah ibu bisa atau tidak”.

Yah…saya hanya menyimpan saja pesan itu seorang diri,
jangankan pengurus, suami sendiri tidak saya beritahu
sama sekali.

Dipertengahan Ramadhan, ternyata rencana ini, sudah
dipastikan, saat saya ditanya ikut atau tidak dengan
ketentuan bagi pengurus DWP, tiket dan hotel selama
disana beserta sarapan pagi ditanggung biayanya oleh
DWP(hasil dari dagangan selama dua tahun), sementara
transportasi dan makan malam, siang tanggung sendiri.
Jadi 70% ditangggung oleh DWP, 30% oleh pribadi.

Saya tanyakan dulu hal ini pada suami, boleh tidaknya
saya ikut, ternyata suami sangat mendukung sekali,
padahal, saya tahu betul kondisi financial sekarang
ini benar-benar sangat membutuhkan biaya, sebab baru
dua bulan yang lalu, saya pulang bersama dua orang
anak saya ke Indonesia, InsyaAllah akhir Desember ini
akan pulang lagi sekeluarga, sedang menyelesaikan
bangunan rumah, sedang membutuhkan biaya sidang
skripsi saya, biaya sekolah anak dan lainnya. Dan saya
sangat segan untuk menyusahkan suami dalam hal ini.

Saya kaget, ketika suami malah memberikan izin kesaya
dan memberikan uang saku selama disana yang cukup
lumayanlah, tapi sama sekali tidak saya foya-foyakan,
saya simpan aja, dan saya bawa bekal rendang, indomie
untuk makan siang dan malam, serta tidak mau belanja
banyak sebagaimana ibu-ibu lainnya, sampai puluhan
juta belanja disana, karena namanya juga Eropah, mata
uangnya Euro lagi, nilai Euro lebih tinggi dari
dollar.US$ 100=sekitar 70-75 Euro. Sementara harga
barang-barang disana luar biasa mahalnya. Saya harus
bisa menahan diri, tidak tergoda dan ikutan ibu-ibu
yang lainnya, saya hanya berbelanja sekedar tanda
ingat saja, itupun sudah menghabiskan biaya US$
300(hanya belanja kaos dan 5 buah souvenir ciri khas
Spanyo). Dapat dibayangkan bagaimana dengan ibu2 yang
lainnya 10 kali lipat banyaknya belanjaan mereka. Saya
belanja, itupun hanya karena pesanan suami saja, kalau
tidak, saya lebih mau menahan diri, karena sadar
kebutuhan saat ini sedang hangat-hangatnya. Dan saya
sudah mengatakan pada suami agar saya ngak usah saja
berangkat ke Spanyol itu, tetapi suami justru
mengatakan pergi, karena kesempatan itu tidak datang
dua kali, masalahnya 70% di gratisin, dan hal ini
tidak semua ibu bisa mendapatkannya, hanya pengurus
saja.

Yah…saya tetapkan akhirnya, berangkat. Maka diuruslah
visa, dan berangkatlah kami hari jum’at tiga hari
setelah lebaran tepatnya tgl 27 oktober 2006 pukul 11
malam, dan kembali dari Madrid pukul 5.30 sore pada
hari Selasa 31 oktober 2006.

Apa yang menjadi dasar pergi ke Spanyol itu? Karena
disana pernah Islam berjaya selama ratusan tahun
lamanya.(Bagaimana cerita sejarah Islam di Spanyol,
kapan masuknya dan kenapa sampai runtuh begitu, dimana
mesjid Cordoba yang sangat besar, dan luas itu kini
telah menjadi sebuah gereja, bagaimana kondisi ummat
Islam saat ini disana, nantik akan menyusul).

Kami take off hari jum’at malam pukul 11, sampai dan
landing di Bandara di Spanyol pukul, Sabtu 4
subuh.(waktu Kairo dan Spanyol sama saja, ngak ada
perbedaan waktu).

Sampai di Bandara, kita dijemput oleh travel dan staf
kedutaan KBRI Spanyol di Madrid.Kami langsung ke hotel
istirahat sejenak.
Pukul 9 pagi, karena tidak ada acara, maka acaranya
adalah bebas, kami pergi shopping sambil lihat-lihat
kota Madrid.Belum apa-apa hari pertama di Madrid saja,
ngak terasa uang hanya beli kaos saja sudah habis US$
200 dollar sama saya(apalagi ibu2 yang lain, hari itu
saja ada yang menghabiskan uang US$ 600, benar-benar
gila Eropah mahalnya luar biasa).

Kesan pertama saya dikota Madrid, adalah kota yang
sangat indah, perpaduan antara bangunan klasik dan
moderen, bersih, tenang dan teratur lalu lintasnya.

Pukul 2 sore, kami pulang ke hotel, makan siang dari
bekal yang dibawa dari Kairo.
Jam 3 siang, kami dibawa bus travel keliling kota
Madrid. Saya bertanya-tanya, dimana mesjidnya, tak
satupun saya melihatnya. Yang ada adalah gereja-gereja
begitu banyaknya. Tak obahnya di Mesir kota seribu
menara mesjid, maka Madrid adalah kota seribu menara
gereja.

Bersambung….
Wassalam Kairo 1 Novenber 2006(rahima)