Berkunjung  ke Spanyol(2)

Perbedaan antara kota mayoritasnya Islam(Mesir),
dengan kota mayoritasnya Nasrani(Spanyol), adalah
Spanyol kotanya bersih, lalu lintas teratur dan
tenang, sementara Cairo(tidak semua Mesir kotor, ada
beberapa propinsi yang sangat bersih dan indah),
tetapi sama-sama kota utama, bedanya Kairo kotor,
Madrid bersih, Mesir lalu lintasnya kacau balau.
Madrid terkenal kota yang dangerious country, karena
pencopetnya banyak, sementara Kairo terkenal kota yang
sangat aman dari pencopetan.

Kami baru nyampai aja sudah diperingatkan orang
kedutaan di Spanyol, agar super hati-hati selama
berada di Spanyol, karena sangat tidak aman, mereka
adalah para maling yang cukup profesional. Dan hal ini
juga sudah saya dengar di pesawat, kebetulan saya
duduk bersampingan dengan pemuda Jepang yang ia sedang
mengadakan journey around the world. Saya banyak
cerita dengannya masalah Spanyol juga kondisi Jepang
tentunya.

Kedua kota besar sama-sama banyak tempat ibadahnya.
Spanyol mayoritas Nasrani, penduduk Islam disana
sekitar 1,5% saja, sementara Mesir mayoritas Islam,
Nasrani, Yahudi berkisar sekitar itu juga. Bangunan di
Mesir rata-rata berspesific Islamic(kaligrafi),
sementara Spanyol berspesific Romawi, atau mirip
bangunan Hindu(kuil-kuil) banyak patung-patung manusia
kecilnya dalam ukiran didinding-dinding rumah. Mesir
hiruk pikuk, Madrid kota tenang, ramai orang tapi sepi
suara. Madrid berdentingan bunyi lonceng, Mesir
bertaburan suara kumandang alunan azan. Mesir di
restaurannya bergelantungan daging-daging sapi,
kambing, sementara Madrid bergelantungan daging-daging
babi(luar biasa, dimana-mana restaurant, ada daging
babinya, sulit cari makanan muslim disana).Begitupun
di kota Taledo, sebuah kota yang indah dan luas
juga.(a big city)

Hari pertama di Madrid, tidak begitu menjadi masalah
bagi saya soal makanan, karena saya masih bisa makan
bekal rendang, ikan teri, kalio daging, abon ayam,
yang saya bawa dari Kairo, makan bersama-sama teman
lainnya.

Malamnya kami pergi menonton terian ciri khas Spanyol,
yaitu tarian Flamigo(atau apa, saya ngak begitu jelas
namanya, tapi kira-kira begitu nama yang saya dengar).

Di Mesir ada tarian perut(bally dance), sementara
Spanyol juga punya ciri Flamigo.
Beda antara dua tarian tradisionil dua negara ini
adalah. Dari segi pakaian, tari perut pakaiannya
transparan dan nampak perutnya, sementara tarian
Spanyol ini pakaiannya tipis dan sangat sempit sekali,
benar-benar pas badan. Tapi ada belah, atau pas
ditarikan roknya dinaikkan sehingga begitu jelas paha
kelihatan, serta sama-sama pakaian kedua ini
berjuntai-juntai dibawahnya. Itu dari sisi pakaiannya.

Sementara dari sisi tarian itu sendiri, tari perut,
yang sangat berperan disana adalah pinggul dan
perut(goyangannya luar biasa eroticnya, kalah deh
goyangan inul, goyangan inul belum berarti apa-apa
dibandingkan dengan goyang perut orang Mesir), saya
nonton tari perut ini selama 15 thn di kairo hanya
sekali saja, itupun saat menemani tamu dari Indonesia,
saya juga ingin tahu bagaimana sih sebenarnya tarian
perut itu, dah lama di Mesir, ngak tau sama sekali,
makanya sayapun mau juga ikut tatkala diajak suami,
dengan alasan agar Ima tau saja katanya.

 Tarian Spanyol, lebih banyak mengandalkan kaki dan
tangan, terutama kaki gerakannya sangat keras dan
cepat(kaki dihentak-hentakkan kelantai begitu cepat
dan kerasnya, bagi yang tau dan pernah melihat tarian
Saman dari Aceh, maka kecepatan gerakannya sama
persis, cepat sekali, disesuaikan dengan musiknya).

Kalau tarian perut biasanya di pertunjukkan di
kapal-kapal pesiar disungai Nil, dan sambil nonton
kita disajikan berbagai macam makanan. Dan harganya
mulai dari Le 60-200 pound per orang.( US$ 100=375
pound). Sementara menonton tarian Spanyol, kita hanya
disuguhkan juice saja, dengan harga 32 euro per
orang(US$ 100=70-75 euro), dan dipertunjukkan diatas
daratan, alias ditempat-tempat hiburan tertentu, bukan
seperti tarian perut, diatas kapal pesiar sungai Nil.

Ketika minum juice lemon, saya merasakan sedikit rasa
yang aneh, bukan rasa jeruk nipis, ngak tau rasanya
apa. Pikiran saya langsung yang macam-macam aja ketika
itu, sehingga ngak jadi saya melanjutkan
meminumnya.Disamping kanan kiri orang-orang Spanyol
saya lihat yang mereka minum adalah Arak, atau khamar.
Pikiran saya langsung aja tidak enak, sudah jelas
gelas juice lemon ini walaupun sudah dicuci bekas
khamar juga. Waduh,..mual perut saya langsung.

 Ternyata apa yang saya rasakan, sebahagian ibu
lainnya juga merasakan apa yang saya rasakan. Dan yang
paling lucunya kami hanya menonton acara itu sebentar
saja, banyak mata yang langsung terkantuk, saya ngak
sadar diri lagi(hehehe, iseng-iseng saya bercanda sama
ibu-ibu lainnya keesokan harinya, jangan-jangan malam
tadi kita mabuk, karena tanpa sadar ada yang usil
pelayannya masukin dikit khamarnya, soalnya
pulang-pulang pada tertidur pulas,..itu hanya canda
saya aja, tentu ngak sejahat itulah orang mau berbuat
usil sama kita ummat islam), kami tertidur pulas
diatas meja.(Suasana ruangan lampunya remang-remang,
jadi kalau kita tidur dikursi kepala diatas mejapun,
tidak begitu ketahuan orang ramai, apalagi tempatnya
kesudut dekat dinding.).

 Oh yah, kalau tari perut dilakukan oleh seorang
perempuan saja, sementara tarian Spanyol, bisa
seorang, dua atau banyak orang.

Acara dimulai jam 10, berakhir jam 12 malam. Kami
langsung kehotel , shalat isya dan  tidur.

Bersambung..
Wassalam. Rahima.