hehehe..ngitungin ya mas..:) habis yg lagi rame kan masalah
poligaminya si AA, jadi..masalah pupuk kandang dan air liur walet
jadi lewat..*_^

semua makanan halal dimakan selama nda ada larangan untuk memakannya,
dan kebalikan dari ibadah ritual,dilarang melakukan tanpa ada
perintah.
makanan yg haram adalah bangkai binatang, darah,sembelihan yg tidak
disebutkan nama Allah, anjing, babi, kuku tajam, hidup di dua alam,
hmm..apalagi ya..:)

sedangkan 2 bangkai yg dihalalkan untuk dimakan adalah bangkai ikan
dan belalang. dan darah yg halal dimakan adalah hati/limpa.

hmm..setahuku nda ada larangan untuk memakan segala jenis tumbuhan,
kecuali yg akan membuat celaka/sakit yg memakanya, tapi itu nda
tergantung pada tumbuhan aja, misalnya..batu juga halal dimakan,
namun kalau dimakan akan buat sakit yg makan ya..lebih baik jangan
dimakan, tapi kalau ada yg suka makan batu dan malah buat dia kuat,
ya..makan aja..:)

kalau ada yg bilang, haram memakan tumbuhan yg diberi pupuk kandang
(aku baru denger sich..??)tapi..kalau hanya karena tumbuhan jadi
kotor karena pupuk kandang, terus..gimana dengan ikan2 yg di pelihara
di empang?sedangkan kita tahu, banyak orang suka buang hajat di
empang dan petani ikannya sendiri yg sediakan tempat untuk buang
hajat dan ikan dapat makanan gratis dari buangan hajat orang2 yg
lewat:) sedangkan ikan dihalalkan oleh Allah hingga ke bangkainya
sekalipun:)

ya..jadi intinya mungkin..kalau makan ikan or tumbuhan yg dipelihara
dengan kotoran orang or kotoran binatang akan buat sakit yg
memakannya, ya..mending jangan dimakan. Tapi kalau orang yg makan
malah jadi tambah sehat..ya..mending dimakan aja..dari pada dibuang2
mubajir..:)

btw : babi, anjing, darah, bangkai, dll itu bendanya dan masuk
kategori najis. sedangkan jatuh ke haram apabila kita memakannya.
jadi..babi, anjing, darah, bangkai, dll itu najis selama tidak
dimakan dan jadi haram apabila dimakan.

contoh lagi..minyak wangi itu haram bagi wanita bila tercium dengan
yg bukan mahramnya, tapi minyak wangi nda najis, karena dianjurkan
dipake oleh pria pada saat jumatan or istri pada saat dekat suaminya:)

dah ah..maaf mas..kalau telat kasih sharring..