Wa'alaikumussalaam wr. wb.,

Wah, website ini kayaknya akan sangat bermanfaat untuk pendidikan anak saya
dan saya sendiri... Terima kasih atas infonya.

Soal nama Pak Erwin ini, di emailnya menggunakan nama "zidane", jadi ingat
Zinedine Zidane yang pemain bola Perancis itu... Kalau tidak salah, "Zinedine"
itu adalah ucapan Eropa untuk "Zainuddin", seperti "Ibnu Rusyd" yang diucapkan
sebagai "Averrous" atau "Ibnu Sina" yang diucapkan sebagai "Avicenna"
atau "Sholahuddin Al-Ayubi" yang diucapkan sebagai "Saladin".

Ya, karena saya orang Sunda, analogi yang sama adalah, "Yaumul Jumu'ah" atau
hari Jum'at diucapkan sebagai "Juma'ah". Sebenarnya, kalau mau tertib, Nama
hari di Indonesia itu, dimulai dari Ahad sampai Sabtu alias dari "Satu"
sampai "Tujuh". Waktu saya kecil, tahun 1980-an, rasanya pengucapan hari Ahad
untuk hari yang sekarang diucapkan sebagai "Minggu" itu jauh lebih populer.
Entah sejak kapan sebutan "minggu" itu menjadi populer seperti sekarang ini.
Padahal "Minggu" itu adalah nama dari tradisi Nasrani... Apakah ini juga atas
nama toleransi (yang sering disalahgunakan) itu ?

Wassalaam,

Ema Amalia